Kamis, 15 Maret 2018 16:17:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky
Jangan Anggap Sepele Gejala Stroke Ringan
Ilustrasi penglihatan kabur adalah tanda gejala stroke ringan.
Foto : istimewa
 

KEBAYORAN - Transient ischemic attack (TIA) atau disebut stroke ringan biasanya berlangsung beberapa menit. Sebagian besar tanda dan gejala menghilang bisa dalam waktu satu jam. Namun jangan dianggap sepele, TIA bisa terjadi tak hanya sekali, tergantung pada area otak yang terlibat.

Pengobatan juga perlu dilakukan agar tidak mengarah pada stroke di kemudian hari. Dikutip dari Mayo Clinic, berikut ini ciri-cirinya. Biasanya pada satu sisi Anda akan merasakan kelemahan yang hebat, atau bisa juga kesemutan bahkan kelumpuhan. Area yang terkena meliputi wajah (tampak menyon), lengan, atau tungkai.

Di samping itu, Anda akan kesulitan untuk mengatur keseimbangan atau koordinasi tubuh. Tanpa sadar, bisa saja kaki terasa lemah dan terjatuh begitu saja ke lantai. Ketika mengalamai TIA, biasanya orang akan kesulitan untuk berbicara. Ia akan sulit berkonsentrasi dan kesulitan memahami apa yang orang lain katakan padanya.

Setelah mengalami serangan, pasien yang datang pada dokter juga mengaku tidak dapat mengingat apa yang ia katakan di saat serangan muncul. Kondisi seperti ini disebut dysphasia.

Penglihatan akan tampak kabur, namun bisa saja berdampak pada kebutaan pada satu atau kedua mata. Keluhan lainnya adalah penglihatan yang ganda. Seseorang juga bisa mengalami gangguan penglihatan seolah-olah objek yang dilihat berubah menjadi keabu-abuan.

Ini bisa berlangsung selama beberapa detik atau menit. Akan tetapi, pandangan akan kembali normal setelah serangan usai.

Selain hilangnya keseimbangan, TIA juga berdampak pada rasa pusing yang tiba-tiba menyerang. Rasa sakit pun terasa begitu parah tanpa sebab yang tidak diketahui.

Segera dapatkan pertolongan medis ketika Anda menduga telah mengalami serangan iskemik sementara. Dengan evaluasi yang cepat dan identifikasi kondisi yang segera, pengobatan akan cepat dilakukan sehingga dapat mencegah stroke.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda