Jumat, 06 Juli 2018 17:30:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky
Ini Tanda dan Gejala Penyakit Psiorasis
Tanda dan gejala Psiorasis.
Foto : istimewa
 

CILANDAK - Setiap orang tentu pernah mengalami rasa gatal dengan intensitas yang berbeda-beda. Rasa gatal yang timbul juga disebabkan banyak faktor, antaranya gigitan serangga hingga alergi. Namun jika timbul rasa amat gatal, bisa jadi itu merupakan psoriasis.

Psiorasis merupakan kondisi di mana kulit menebal, terasa kering, kusam, bersisik, dan terkelupas. Kondisi tersebut bukan hanya rasa gatal, namun biasanya juga disertai rasa perih dan terbakar. Hal itu seperti yang dijelaskan oleh dr. Almond Wibowo. M.Biomed. AAM.

Tingkat gejalanya berbeda-beda dan bisa berubah dari waktu ke waktu. Ada yang mengalami gejala ringan atau tidak sama sekali dalam kurun waktu tertentu, tapi kemudian bertambah parah hingga mengganggu kenyamanan pengidapnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, penyebabnya diduga terkait dengan gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat. Psiorasis muncul ketika produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan.

"Autoimun yang rusak sendiri, sel kulit yang salah kenal. Bisa juga penyakit keturunan. Ini penyakit kulit kronis, lama sembuh. Penyakit ini bisa menurun, namun sewaktu-waktu bisa timbul kembali," ujar dokter pemilik Privee Clinic ini.

Pada kondisi normal, tubuh meregenerasi kulit dalam waktu 28-30 hari. Sedangkan pengidap psioriasis akan mengalami hal tersebut dalam hitungan waktu yang lebih cepat, hanya hitungan beberapa hari saja.

Ketika regenerasi kulit terlalu cepat, sambungnya, ini akan terjadi inflamasi akibat penumpukan sel kulit dan akhirnya menebal. Psiorasis terasa amat gatal, bahkan ada rasa seperti terbakar dan perih. Psiorasis jika digaruk bisa luka atau mengeluarkan cairan.

Penyakit psiorasis dapat muncul diseluruh bagian tubuh, namun biasanya pada area siku, lengan, lutut, punggung, perut dan pada area lipatan tubuh jadi bagian yang rentan terserang psoriasis.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda