Kamis, 17 Mei 2018 15:30:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky
Cara Atasi Bau Mulut Saat Berpuasa
Ilustrasi.
Foto : istimewa
 

KEBAYORAN – Bau mulu saat berpuasa adalah hal yang wajar. Namun tetap saja kesegaran mulut tetap harus dijaga untuk memberi kenyamanan diri dan lawan bicara.

Seperti dikutip dari republika.co.id, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggurangi bau mulut. Aktivis dari ICDS (Indonesian Cosmetic Dentistry Society) Drg Sunyoto mengatakan selain menggosok gigi, bau mulut bisa diatasi dengan aktivitas berkumur.

Apalagi, saat Ramadan dianjurkan banyak beribadah. Salah satunya melaksanakan shalat sunah sehingga banyak melakukan wudhu dan berkumur. Akan tetapi, berkumur jangan terlalu berlebihan.

Berkumur merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi bau mulut. Dengan begitu, kelembaban mulut akan relatif terjaga, sekaligus akan terjadi 'senam' dari organ-organ rongga mulut, mucosa pipi, lidah, gusi, dan lainnya.

''Jadi, berkumur sebagai bagian dari tertib sunah dalam wudhu, sangat bermanfaat mengurangi bau mulut. Sehingga, tidak begitu akurat kalau dibilang bahwa puasa menimbulkan bau mulut,'' kata Sunyoto.

Pola menyikat gigi dan membersihkan mulut juga harus diatur. Menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa, sama saja dengan hari-hari biasa, yakni menyikat gigi dua kali sehari. Pada tidur malam dan setelah makan sahur.

Mengusir bau mulut juga tidak harus melulu pakai obat kumur. Menurutnya, banyak cara yang bisa digunakan, misal membersihkan bagian gigi dengan menggunakan jari telunjuk yang bersih, sesaat sebelum wudhu. Walaupun cara ini tidak menggantikan fungsi menggosok gigi, tetapi akan mengurangi penumpukan debris.

''Obat kumur itu jika digunakan berlebihan, justru akan merugikan, karena beberapa jenis bakteri yang apatogen akan berkurang sehingga eksistem rongga mulut akan terganggu,'' ungkap alumnus Fakultas Kedokteran Gigi UGM itu.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda