Kebayoran > Kesehatan

Atasi Gangguan Pendengaran dengan Alat Bantu Dengar

Senin, 21 Mei 2018 13:00 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Atasi masalah pendengaran
Ada banyak jenis alat dengar yang ditawarkan Soundlife Hearing Center.
Foto : Rachli Anugrah Rizky

Share this








Permasalahan gangguan pendengaran dapat diatasi dengan menggunakan alat bantu dengar sesuai tingkap keparahan pendengarannya.

KUNINGAN – Berdasarkan prevalensi penyakitnya, gangguan pendengaran menempati urutan ketiga masalah kesehatan yang paling umum dirasakan setelah arthritis dan penyakit jantung.

Secara definis, gangguan pendengaran adalah ketidakmampuan sebagian atau seluruhnya dalam mendengarkan suara. Ada jenis gangguan pendengaran yakni gangguan pendengaran sensorineural, konduktif, ataupun campuran.

Namun, gangguan pendengaran bukan akhir dari segalanya. Permasalahan pendengaran ini dapat diatasi dengan menggunakan alat bantu dengar.

Seperti yang ditawarkan oleh Soundlife Hearing Center yang berlokasi di Mall EpiWalk, Kuningan, Jakarta Setalan. Soundlife Hearing Center sendiri merupakan pusat alat bantu dengar terpadu yang dapat membantu mengatasi gangguan pendengaran.

Diterangkan oleh Dewi Eliza Pantja selaku Operasional Manager, Soundlife Hearing Center tidak hanya fokus menyediakan alat bantu dengar, namun juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait salah satu panca indra ini.

"Kami hadir atasi gangguan pendengaran, sekaligus edukasi dan memberikan pemahaman pendengaran kepada masyatakat. Di sini, tersedia alat bantu dengar untuk anak-anak hingga orang tua," ujarnya.

Untuk mengetahui kondisi pendengaran, audiologis Soundlife Hearing Center akan melakukan pemeriksaan pendengaran komprehensif dalam ruang kedap suara. Ini dilakukan untuk mengetahui sampai sejauh mana derajat gangguan pendengaran.

Pemeriksaan dilakukan 10-15 menit dan menggunkan alat semacam earphone yang diberi suara antara nol sampai 25 desibel. Angka itu merupakan acuan angka normal. Suara yang diberikan bervariasi, dan mulai dari nada tinggi sampai rendah ataupun sebaliknya.

Dari hasil pemeriksaan, audiologis memberikan beberapa rekomendasi. Nantinya, alat bantu yang diberikan sesuai dengan kondisi pendengaran, baik itu ringan, sedang, berat, maupun sangat berat.

Alat bantu dengar tersedia berbagai jenis sesuai kebutuhan. Bentuknyapun beragam, dari kecil hingga besar seperti In The Ear (ITE), Behind The Ear (BTE), In The Canal (ITC), serta Completely In Canal (CIC).

Tak hanya itu, alat bantu dengar yang ditawarkan juga dilengkapi dengan fitur pembatalan suara denging, konektivitas bluetooth, terapi tinnitus, hingga adanya jaringan 8 virtual mikrofon, serta tahan air, keringat dan debu.

"Ada yang 1 channel, 6 kHz sampai 48 channel, 12 kHz. Channel-nya lebih ke penyaringan atau kejernihan suara. Tingkat volume tergantung suara pendengaran," jelasnya.

Selain itu, Soundlife Hearing Center juga menyediakan hearing protections. Alat ini untuk membantu meredam suara bising. Bentuknya pun memiliki berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan penggunaannya.