Kebayoran > Kesehatan

Apa yang Terjadi Pada Otak Ketika Dihipnotis?

Senin, 17 Juli 2017 19:50 WIB
Editor : Raymondo Arditya | Sumber : DBS

ilustrasi waktu
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Hipnotis adalah salah satu metode terapi yang umum digunakan oleh banyak pihak. Namun, apa yang terjadi pada otak ketika dihipnotis?

JAKARTA - Hipnotis diakui sebagai salah satu metode terapi untuk menyembuhkan berbagai macam keluhan yang dialami tubuh hingga jiwa seseorang. Ketika seseorang dipengaruhi hipnotis, otak yang bersangkutan mengalami penurunan ekstrim dalam aktivitasnya.

Menurut laman suara.com, Selasa (11/7/2017) sebuah studi baru menunjukkan, hipnotis dapat memengaruhi daerah otak tertentu saat menerima stimulus visual. Stimulus ini juga menganggu pengoprasian otak yang lebih dalam.

"Dalam penelitian, kami melihat bagaimana otak membuat keadaan hipnotis menjadi mungkin," kata Wolfgang Miltner, Profesor di Universitas Friedrich Schiller di Jena, Jerman.

Baca Juga : 6 Hal Tentang Menstruasi yang Harus Dipahami Wanita

Dalam jurnal Scientific Reports, tim peneliti melihat lebih dekat pengolahan rangsangan visual. Peserta awalnya diminta melihat layar yang memiliki berbagai simbol, seperti lingkaran atau segitiga. Mereka kemudian diberi tugas untuk menghitung simbol tertentu.

Di saat bersamaan, mereka juga diberitahu untuk membayangkan papan kayu di depan mata mereka. Hasilnya, jumlah kesalahan penghitungan meningkat secara signifikan.

"Ketika kita melihat proses saraf yang terjadi di otak saat memproses simbol, ada penurunan aktivitas otak yang ekstrim dalam waktu sekitar 400 milidetik," jelas Barbara Schmidt, dari Friedrich Schiller University. 

Baca Juga : Manfaat Sesungguhnya Benang Putih di Pisang