Kebayoran > Kesehatan

Alpukat Bisa Mencegah Sindrom Metabolisme

Senin, 17 Juli 2017 18:34 WIB
Editor : Raymondo Arditya | Sumber : DBS

alpukat
Istimewa
Foto : istimewa

Share this








Alpukat yang umumnya dibuat jus ternyata memiliki banyak khasiat. Antara lain, mengurangi risiko sindrom metabolisme.

JAKARTA – Anda mengenal sindrom metabolisme? Sindrom metabolisme dikenal sebagai salah satu gangguan kesehatan yang dapat secara tiba-tiba menjadi penyebab langsung kematian. Mengatasinya ternyata cukup mudah. Hanya dengan rutin mengonsumsi alpukat. 

Dari hasil riset yang dilakukan oleh sejumlah peneliti asal Iran, dan telah dipublikasikan di jurnal ilmiah, Phytotherapy Research, alpukat ternyata membantu mengurangi resiko gangguan sindrom metabolisme.

Menurut republika.co.id seperti lansirannya dari Time, Selasa (11/7/2017), kesimpulan peneliti, buah alpukat memiliki efek yang baik untuk menurunkan level kolesterol. Tidak hanya itu, mengonsumsi alpukat secara rutin juga dapat berimbas tingkat lemak dalam tubuh, seperti LDL (kolesterol buruk), HDL (kolesterol bagus), triglycerids, total cholesterol, dan phospholids. Selain itu, alpukat juga ternyata memiliki manfaat lain.

''Menurunkan efek lipid, anti hipertensi, anti diabetes, anti obesitas, anti trombotik, anti esterosklerosis, dan efek cardioprotective juga telah terbukti dalam beberapa studi-studi tersebut,'' tulis hasil penelitian di jurnal tersebut.

Baca Juga : Lebih Bahaya Mana, HIV atau Hepatitis C?

Sementara ahli nutrisi sekaligus kontributor untuk majalah kesehatan asal Amerika Serikat, Cynthia Sass, menuturkan, hasil-hasil studi itu sebenarnya sudah cukup untuk membuat alpukat disebut makanan super. Sass menambahkan, alpukat bisa mengurangi adanya lemak yang ada di perut, jenis lemak yang paling berbahaya di tubuh.

Hasil penelitian juga menunjukan, orang yang lebih sering makan alpukat memiliki berat badan yang lebih ringan dan pinggang yang lebih kecil dibanding dengan orang yang jarang makan alpukat. Alpukat juga dapat menjadi sumber yang bagus untuk kebutuhan antioksidan, serat, vitamin, dan mineral.

Baca Juga : Mengejutkan, Ini Kandungan Biji Semangka dan Manfaatnya Bagi Kesehatan