Kebayoran > Kesehatan

4 Langkah Memilih Makan Siang untuk Pekerja Kantoran

Jumat, 13 April 2018 14:13 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Makan siang untuk pekerja kantoran
Ilustrasi makan siang untuk pekerja kantoran.
Foto : istimewa

Share this








Riset membuktikan menu makan siang yang tak sehat berisiko tinggi menyebabkan kegemukan, naiknya tekanan darah dan kolesterol, hingga mengganggu produktivi

KEBAYORAN - Biasanya, keterbatasan waktu dan tempat membuat pekerja kantoran memilih menu makanan yang instan. Jika hal ini selalu dilakukan tentu akan berakibat buruk bagi tubuh.

Guna mengatasinya, biasakanlah untuk membawa bekal dari rumah. Ini juga merupakan salah saru cara memastikan menu makan siang sehat dan bergizi seimbang.

Bagi yang tak membawa bekal, dikutip dari detikHealth, ada 4 langkah untuk memilih menu makan siang sehat. Apa saja?

1. Rencanakan sejak pagi
Merencanakan menu makan siang yang sehat akan jauh lebih mudah dilakukan saat sudah sarapan dengan perut kenyang, dibandingkan saat sudah mulai lapar. Saat telanjur lapar, maka pilihan menu makan akan cenderung tidak sehat dan mengandung banyak kalori.

2. Gizi seimbang
Makan siang yang baik haruslah memenuhi prinsip gizi seimbang. Dengan kata lain, ada sumber karbohidrat, protein, serat serta mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

3. Salad dan smoothies
Tak ada salahnya menambah salad dan smoothies dalam menu makan siang Anda. Salad dan smoothies dapat menjadi sumber serat yang baik, sekaligus menyegarkan tenggorokan dan mengirit pengeluaran karena salad dan smoothies bisa diperoleh dengan harga murah.

4. Roti dan sandwich
Pilih menu roti atau sandwich yang memiliki isi selai kacang, dada ayam atau telur untuk memenuhi kebutuhan protein. Hindari penggunaan mayonaise dan mentega yang terlalu banyak karena dua bahan tersebut mengandung banyak lemak jenuh.