Senin, 14 Mei 2018 17:15:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky
Ini 8 Tanda Penuaan di Sekitar Mata
Ilustrasi penuaan di sekitar mata.
Foto : istimewa
 

KEBAYORAN - Tidak dapat dipungkiri kalau mata indah akan menyempurnakan penampilan seseorang. Namun mata dengan berbagai permasalahan pada kulit di sekitarnya seringkali membuat wajah terkesan sedih, lelah, dan tampak menua. Dinukil dari Miracle Facethetica Guide, berikut 8 tanda penuaan pada area sekitar mata yang perlu mendapat perawatan.

Dry skin
Kulit di sekitar mata rentan terhadap kekeringan sehingga tampak kusam dan tidak segar. Ini disebabkan tidak adanya kelenjar minyak yang cukup di area mata. Padahal kelenjar minyak mampu mengeluarkan sebum, yang bertanggung jawab untuk menjaga kelembaban kulit. Kosmetika yang kurang tepat seringkali juga menjadi salah satu penyebab kekeringan pada kulit sekitar mata.

Dark circle
Lingkaran gelap di area mata disebabkan berbagai hal, antara lain kulit pada area itu semakin menipis dan membuat pembuluh darah lebih menonjol yang terlihat jelas seperti lingkaran gelap. Penyebab lain yang lebih sering adalah karena problem hiperpigmentasi dan diperburuk karena efek stres atau kurang tidur.

Eye wrinkle
Keriput atau kerutan yang terjadi di area sudut luar mata, terjadi karena penuaan dan kerutan otot-otot eksprrsi.

Tear trough deformity
Cekungan di bawah mata di sepanjang "garis air mata", memberikan efek mata lelah dan terlihat menua.

Eye bag
Bagian bawah mata yang terlihat "sembab" atau "membengkak", biasanya terjadi akibat hilangnya jaringan lemak di pipi atas karena penuaan atau merupakan timbunan lemak yang muncul karena melemahnya jaringan ikat penahan kulit kelopak bawah mata. Biasa disebut dengan kantung mata.

Volume loss
Lapisan kulit dan lemak di area mata yang mengalami kekurangan volume akibat proses penuaan.

Droopy eyebrow
Alis yang turun seiring bertambahnya usia disebabkan kulit dan otot sekitar mata dan dahu melemah sehingga membuat alis tampak jatuh.

Skin excess
Kulit di kelopak mata yang sudah kehilangan elastisitasnya akan nampak kaku dan menggantung sehingga memberikan efek kulit berlebih.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda