Kebayoran > Hiburan

Simfoni untuk Nasionalisme dan Cinta Tanah Air

Minggu, 10 September 2017 20:30 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ichwan Hasanudin

Simfoni Untuk Bangsa 2017
Simfoni Untuk Bangsa 2017
Foto : istimewa

Share this








Simfoni Untuk Bangsa digelar The Resonanz Music Studio untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air melalui musik klasik.

KEBAYORAN - The Resonanz Music Studio didukung Bakti Budaya Djarum Foundation menyelenggarakan konser Simfoni Untuk Bangsa 2017. Pertunjukan yang dilangsungkan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Sabtu (9/9/2017), untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air melalui musik klasik. 

Pertunjukan seperti ini sudah secara rutin diadakan sejak 2010 untuk mengapresiasi karya anak bangsa khususnya seni musik klasik. "Konser Simfoni Untuk Bangsa ini pun digelar khusus sebagai bentuk apresiasi terhadap karya-karya anak bangsa dan upaya untuk mengenalkan musik klasik bagi masyarakat di Indonesia,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation. 

Konser Simfoni Untuk Bangsa ini mengangkat tema Cinta Pancasila dan Cinta Bhinneka Tunggal Ika. Konser ini juga memberikan penghargaan terhadap karya anak bangsa dan wujud membangkitkan nasionalisme dan cinta Tanah Air terutama untuk kalangan generasi muda Indonesia. "Kami juga ingin menunjukkan kekayaan seni budaya bangsa Indonesia melalui paduan suara dan musik klasik," kata Avip Priatna, Konduktor Simfoni Untuk Bangsa 2017.

Penyanyi Farman Purnama (tenor), Birgitta Sisca (sopran), Alicia Hartono (sopran), Bimashakti N. Ksatriya (sopran), Bertolens Pah (sasando), dan Caitlin A. Wiranata (piano) menjadi bintang tamu pada pagelaran ini. Selain itu, Liga Tari Mahasiswa UI Krida Budaya menambah warna pagelaran ini menjadi sebuah pertunjukan menarik.

Konser Simfoni Untuk Bangsa 2017 diiringi oleh Jakarta Concert Orchestra (JCO) dan dipimpin oleh konduktor dan direktur musik, Avip Priatna. Tak ketinggalan juga Batavia Madrigal Singers (BMS) dan The Resonanz Children’s Choir (TRCC). Dua paduan suara yang telah membawa nama harum Indonesia di ajang kompetisi paduan suara internasional kembali tampil dalam pertunjukan ini.