Kamis, 08 November 2018 10:53:00
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih
Sejumlah Proyek Infrastruktur di Jabodetabek Akan Gunakan Dana Swasta
Pembangun infrastruktur di kawasan Cibubur yang kian menggeliat.
Foto : istimewa
 

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut ada beberapa proyek pembangunan infrastruktur yang akan menggunakan pendanaan dari investor swasta. Antara lain pembangunan Mass Rapid Transit (MRT). 

"Ini merupakan sektor progesif proyek infrastruktur kaya MRT di Cibubur, KRL Bogor, yang melibatkan pendanaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), yang membuat sektor transportasi semakin progesif," ujar Direktur Utama PT Penjamin & Infrastruktur Armand Hermawan CPA di Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Pemerintah telah merancang skema pembiayaan di luar APBN untuk pembangunan infrastruktur yang disebut Pembiayaaan lnvestasi Non Anggaran Pemerintah (PINA). Skema pembiayaan seperti PINA dibutuhkan untuk mengurangi ketertinggalan Indonesia dalam penyediaan infrastruktur serta mengurangi beban APBN yang selama ini terbatas untuk mendorong pembangunan.

"Saat ini, Kemenhub telah aktif mencari sumber pembiayaan non skema untuk membiayai proyek transportasi di Indonesia. Kemenhub memiliki beberapa pilot project KPBU yang siap ditawarkan ke pihak swasta," kata dia. 

Tujuannya tak lain memberi peluang dan kesempatan kepada sektor swasta. Sehingga, kedua belah pihak bisa bekerja sama mengelola prasarana transportasi. 

“Ini bukanlah untuk menjual asset negara namun dalam upaya menekan penggunaan APBN karena kebutuhan pembangunan infrastruktur transportasi yang sangat besar," pungkasnya. 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda