Jakarta > Properti

Rumah DP 0 Rupiah Terlarang untuk Para Jomblo

Kamis, 15 Maret 2018 12:22 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno
Foto : Rendy MR

Share this








Rumah DP 0 Rupiah khusus untuk keluarga berpenghasilan total Rp 4-7 juta per bulan. Bukan untuk para jomblo.

JAKARTA - Wakil Gubenur DKI Jakarta Sandiaga menggelar workshop Rumah DP 0 Rupiah bersama awak media di Gedung G, Balai Kota, Jakarta, Rabu (14/3). 

Dalam kesempatan itu, Sandiaga membeberkan syarat-syarat memiliki rumah DP 0 Rupiah, satu di antaranya, orang yang sudah berkeluarga. Dia memastikan jika orang yang masih single atau jomlo tidak bisa mengikuti program ini. 

“Jadi warga Negara Indonesia yang ber-KTP DKI. Itu yang pertama. Kedua, telah menikah. Jadi jomblo mohon maaf. Belum bisa karena ini dikhususkan kepada yang telah menikah," ungkapnya di lokasi. 

Tidak hanya itu, meski telah menikah, mereka juga harus memiki penghasilan dengan kisaran Rp 4-7 juta perbulan. Angka ini, kata Sandi, bisa merupakan gabungan dari pendapatan isteri dan suami untuk bisa memenuhi syarat tadi. 

“Penghasilan total rumah tangga sampai Rp7 juta/bulan. Makanya, ini yang merupakan klasifikasi dari target market yang ingin disasar adalah mereka yang combine penghasilannya itu maksimal sekitar Rp7 juta dan minimal memiliki gaji UMP (Upah Minimum Provinsi)," lanjutnya. 

Selain tiga syarat itu masyarakat juga harus memenuhi beberapa syarat lain untuk bisa memiliki program yang diperkenalkan Sandiaga saat kampanye Pemilihan Kepala Daerah bersama rekannya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Syarat tersebut antara lain warga negara Indonesia yang tinggal di Jakarta, berusia minimal 21 tahun, belum memiliki rumah, memberikan bukti kerja atau usaha minimal 1 tahun, dan lainnya. 

“Ini yang kita ingin hadirkan bersama Pak Anies adalah keberpihakan pemerintah DKI Jakarta kepada rakyat yang ingin memiliki rumah yang terjangkau khususnya bagi menengah ke bawah yang merupakan mayoritas dari warga Jakarta," pungkasnya.