Jakarta > Properti

Mau Beli Rumah Setelah Lebaran, Ini Tipsnya

Kamis, 29 Juni 2017 17:15 WIB
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS

Ilustrasi Beli Rumah
Ilustrasi Beli Rumah
Foto : istimewa

Share this








Banyak hal yang harus dipertimbangkan, karena memilih sebuah rumah seperti memilih jodoh yang harus dipertimbangkan dengan baik.

JAKARTA – Kecenderungan orang-orang untuk mencari ataupun membeli rumah setelah Lebaran tiap tahunnya semakin meningkat. Ada beberapa orang yang begitu tiba-tiba ingin beli rumah setelah Lebaran. Banyak faktor yang membuat mereka begitu ingin memiliki rumah.

Apalagi untuk sebuah rumah pertama, banyak hal yang harus dipertimbangkan, karena memilih sebuah rumah seperti memilih jodoh yang harus dipertimbangkan dengan baik. Berikut hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelumnya.

Pelajari harga pasar 

Sebelum membeli rumah tentu hal yang pertama dilakukan adalah pelajari harga pasar. Kumpulkan dan pelajari terlebih dahulu harga-harga sebelum membeli rumah. Lokasi yang strategis dan perbandingan harga adalah hal utama yang harus diperhatikan.

Mengumpulkan Informasi Rumah Tersebut

Setelah mengetahui harga rumah dipasaran dan mulai menemukan rumah yang diingini, cobalah untuk mencari informasi tentang rumah tersebut. Informasi yang sangat lengkap perlu diketahui tentang rumah yang diincar. Informasi bisa dilihat lewat website tentang perumahan tersebut dan bisa langsung menelepon pengembang untuk informasi rumah tersebut. Ada baiknya jika langsung melihat ketempatnya.

Meminta Pendapat Orang Ketiga

Nah, untuk yang satu ini perlu dilakukan. Sebab, membeli rumah bukan membeli barang biasa. Tentunya harus meminta pertimbangan orang ketiga yang tentunya lebih berpengalaman. Oleh karena itu tak ada salahnya minta pendapat kepada sanak saudara ataupun sahabat kepercayaan.

Putuskan Cara Membayar

Putuskan bagaimana cara membayar rumah tersebut. Rundingkan dan ambil kesepakatan terbaik tentang tata cara membayarnya. Karena transaksi rumah harus di sepakati dan diatur dengan baik sedari awal. Kini banyak cara yang bisa dipilih, salah satunya dengan cara KPR.