Jakarta > Properti

Hanya Satu Rute Asian Games yang Belum Sesuai Target

Jumat, 18 Mei 2018 16:42 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Sekda DKI Saefullah
Sekda DKI Saefullah meninjau sejumlah venue Asian Games 2018.
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Hanya satu rute Asian Games yang belum sesuai target, yakni Wisma Atlet lapangan golf Pondok Indah.

JAKARTA - Pemerintah menyebut ada delapan rute yang akan mendapat pengamanan pada saat perhelatan Asian Games 2018. Pasalnya, rute ini menjadi rute mengangkut atlet dari Kampung Atlet ke venue. Sehingga, target tempuh bisa terealisasi hanya dalam 30 menit. 

“Panitia mengharapkan dari penginapan ke venue 30 menit. Tidak boleh lebih supaya jadwal tidak berantakan,” ujar Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono di Balaikota, Jakarta, Jumat (18/5/2018). 

Namun, dari delapan rute yang disiapkan, kata Bambang ada satu rute yang masih belum sesuai dengan target waktu. Rute ini bahkan hampir mencapai dua kali lipat dari waktu yang ditargetkan pemerintah. 

“Jadi yang masih diatas 30 menit itu ada di rute 7 yakni Wisma Atlet lapangan golf Pondok Indah. Yang lain sudah aman di bawah tiga puluh menit. Yang pondok indah dari 50 menit masih 38 menit. Memang ini merupakan salah satu wilayah yang packing crowded dibandingkan tujuh wilayah lainnya,” kata Bambang. 

Untuk mengantisipasinya Bambang berencana akan memberlakukan sistem ganjil genap untuk mencapai target 30 menit Asian Asian Games yang akan berlangsung di Jakarta pada 18 Agustus 2018. 

“Pondok Indah sudah ganjil-genap. Mudah-mudahan bisa diterapkan sebenarnya tapi belum maksimal kemudian yang rute delapan Wisma Atlet GOR popki Cibubur itu masih 35,1 menit jadi masih kelebihan 0,1 detik,” terangnya. 

Berikutt 8 rute dari kampung atlet menuju venue yang dipersiapkan : 

  1. Wisma Atlet Gelora Bung Karno
  2. Wisma Atlet JIExpo Kemayoran
  3. Wisma Atlet ecopark Ancol
  4. Wisma Atlet-Pulomas (pacuan kuda)
  5. Wisma Atlet-Velodrome
  6. Wisma Atlet Padepokan pencak silat taman mini
  7. Wisma Atlet lapangan golf Pondok Indah
  8. Wisma Atlet GOR Popki Cibubur.