Jakarta > Pemerintahan

Transjakarta Jangkau Daerah Pinggiran

Senin, 09 Januari 2017 11:04 WIB
Editor : Wahyu AH | Sumber : DBS

transjkarta
transjkarta

Share this





Bukan hanya jaringan angkutan di dalam kota, Koridor XIII juga akan menghubungkan antara Ciledug ke wilayah tengah kota.

JAKARTA – Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono menyebut akan mengoperasikan 100 unit bus di Koridor XIII Ciledug-Tendean. Harapannya, bus bila melayani 24.000 penumpang per hari.

Bus terdiri dari single bus dan medium bus. “Nantinya, Koridor XIII akan memberikan dampak luar biasa untuk menggerakan perekenomian. Ini bukan hanya sekadar untuk warga yang berasal dari Ciledug ke Tendean saja. Koridor XIII juga akan terintegrasi dengan koridor I, VI, IX, X, dan koridor IV per Juni 2017,” tuturnya, Senin (9/1/2017).

Sehingga, bukan hanya jaringan angkutan di dalam kota. Transjakarta juga akan menghubungkan khusus line busway antara Ciledug ke wilayah tengah kota.

"Ini akan menjadi satu harapan baru, bagaimana Transjakarta bisa menjangkau daerah pinggiran. Sehingga, masyarakat dapat terlayani dengan baik. Pasti lebih nyaman dan murah," pungkasnya.

 

 







Jakarta > Pemerintahan

420 Ribu Orang Gunakan Transjakarta Setiap Hari

Minggu, 15 Januari 2017 12:12 WIB
Editor : Andi MZ | Sumber : DBS

Transjakarta
Transjakarta

Share this





Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengungkapkan sebanyak 420 ribu orang menggunakan Transjakart setiap hari.

JAKARTA – PT Trasnportasi Jakarta mencatat sebanyak 420 orang menggunakan Transjakarta setiap hari sebagai moda transportasi pada tahun 2016. Jumlah itu meningkat dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 290 ribu penumpang.  

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono. Ia mengatakan, sepanjang tahun 2016, Transjakarta mengangkut 123,73 juta penumpang. “Hal itu menunjukkan adanya perpindahan dari penggunaan kendaraan pribadi ke Transjakarta,” ujarnya.

Menurut Budi, melonjaknya pelanggan Transjakarta tak lepas dari peningkatan pelayanan. Ia memberikan contoh, adanya penambahan rute pelayanan bus. Saat ini, Transjakarta melayani 80 rute, baik di dalam koridor maupun feeder. “Rute kami juga terintegrasi dengan moda transportasi missal,” tuturnya.

Ia mengungkapkan Transjakarta akan membeli 2.000 unit bus pada tahun ini. Bus-bus tersebut akan menambah jumlah unit bus Transjakarta yang saat ini berjumlah 1.300 unit bus berbagai tipe. 







Jakarta > Pemerintahan

Pengendara Motor Tewas Tertabrak Transjakarta di Cawang

Senin, 12 Desember 2016 13:36 WIB
Editor : Andi MZ | Sumber : DBS

Ilustrasi Tabrakan
Ilustrasi Tabrakan

Share this





Sofiah, seorang pengendara motor tewas setelah tertabrak bus Transjkarta di Cawang.

JAKARTA – Sofiah, seorang pengendara motor B 6892 EKF, tertabrak bus Transjakarta bernomor polisi B 7588 IXM di Cawang, Jakarta Timur, Senin (12/12/2016). Kecelakaan yang terjadi di Jalan DI Panjaitan ini mengakibatkan ibu berusia 40 tahun tersebut tewas.

Dari informasi di lapangan menyebutkan Sofiah dibonceng suaminya menggunakan sepeda motor Supra X. Warga Jagakarsa, Jakarta Selatan ini hendak ke rumah saudaranya di Bekasi. Namun di putaran jalan depan Gedung Wika Cawang, sepeda motor korban tersenggol Transjakarta jurusan Cililitan - Ancol.

Kecelakaan itu mengakibatkan Sofiah terpental masuk kolong bus hingga akhirnya tewas di tempat. Sedangkan suami dan anaknya mengalami luka memar dan lecet di kening dan lengan kiri.

Mulyadi (45), pramudi Transjakarta mengaku melaju dengan kecepatan sekitar 50 kilometer per jam. Tiba-tiba ia dikejutkan dengan suara benturan keras dari bagian belakang bus. “Saya tidak melihat ada motor di depan. Saya juga tidak tahu kenapa tiba-tiba ada motor di belakang bus” ujarnya, Senin (12/12/2016).

Kasus kecelakaan ini ditangani Unit Laka Lantas Polda Metro Jaya. Sedangkan jasad korban dilarikan ke RSCM untuk diotopsi.







Jakarta > Pemerintahan

Libur Panjang, Transjakarta Tambah Bus ke Tempat Wisata

Minggu, 11 Desember 2016 14:31 WIB
Editor : Andi MZ | Sumber : DBS

Ilustrasi Transjakarta
Ilustrasi Transjakarta

Share this





Selama libur panjang pekan ini, PT Transjakarta tambah bus untuk melayani penumpang tujuan tempat wisata.

JAKARTA – Pekan ini, mulai dari Sabtu (9/12/2016) sampai Senin (11/12/2016), merupakan hari libur. Selama libur 3 hari itu, PT Transjakarta menambah bus untuk tujuan tempat wisata. 

Budi Kaliwono, Direktur Utama (Dirut) PTTransjakarta, mengatakan, ada 60 bus tambahan untuk koridor 1 (Blok M – Kota). Kemudian 30 bus untuk koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu), 30 bus  koridor 6 (Ragunan-Dukuh Atas), dan 10 bus  ke Taman Mini Indonesia Indah," kata Budi seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (10/12/2016).

Ia menambahkan, Transjakarta memang menambah bus ke berbagai tempat wisata setiap akhir pekan. Antara lain, bus tujuan Monas, Ragunan, TMII, dan Ancol. “Kami sedang berupaya menyediakan layanan transportasi publik yang aman dan nyaman sehingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, selain menambah bus, Transjakarta juga menambah jumlah petugas,  baik on board maupun yang bertugas di halte atau lintasan Transjakarta. Dengan penambahan itu, Budi meyakini pelanggan Transjakarta akan mendapatkan layanan transportasi publik yang aman dan terjangkau.







Jakarta > Pemerintahan

Korban Tewas Tertabrak Transjakarta di Mampang Ternyata Mahasiswi UI

Jumat, 09 Desember 2016 16:43 WIB
Editor : Andi MZ | Reporter : Chandra Purnama

ilustrasi kecelakaan transjakarta
ilustrasi kecelakaan transjakarta

Share this





Korban tewas yang tertabrak Transjakarta bernomor PPD 0664 di Mampang ternyata mahasiswi UI

MAMPANG - Identitas korban tabrakan bus Transjakarta bernomor PPD 0664 di Jalan Raya Mampang Prapatan, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, merupakan mahasiswi dari Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat.

Kepolsek Metro Mampang Prapatan, Kompol Syafi'i, mengatakan korban tersebut bernama Yumei Yohana Saraningsih. "Korban merupakan mahasisiwi UI," kata dia saat dihubungi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/12/2016).

Syafi'i menjelaskan, menurut keterangan sopir Transjakarta, Gunadi Setiawan, saat itu korban hendak menyebrang ‎bersama beberapa orang. "Dari sekelompok orang yang hendak menyebrang, korbanlah yang melangkahkan kaki terlebih dahulu tanpa melihat ada Trasnjakarta yang hendak lewat," terang Syafi'i menirukan cerita Gunadi.

Usai terjadi kecelakaan, tambah Syafi'i, Gunadi sempat menghentikan kendaraannya untuk melihat kondisi korban. Namun, massa yang melihat kejadian tersebut mulai bertindak anarkis. "Sopirnya sempat mau dikeroyok massa. Untungnya diamankan dan dibawa ke kantor polisi," tandas Syafi'i.







Jakarta > Pemerintahan

Transjakarta Tabrak Pejalan Kaki di Mampang

Jumat, 09 Desember 2016 15:26 WIB
Editor : Andi MZ | Reporter : Chandra Purnama

ilustrasi transjakarta tabrak pejalan kaki
ilustrasi transjakarta tabrak pejalan kaki

Share this





Bus Transjakarta bernomor PPD 0064 menabrak pejalan kaki di Mampang. Korban tewas di tempat.

MAMPANG - Bus Transjakarta bernomor PPD 0664 dari arah Ragunan menuju Mampang Prapatan, Jakarta Selatan menabrak seorang pejalan kaki yang di Jalan Buncit Raya, Mampang, Jakarta Pusat, Jumat (9/12/2016). Akibatnya, korban tewas di tempat.

Kapolsek Mampang Kompol Syafi'i mengatakan kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. "Saat hendak nyebrang, korban gak liat ada bus Transjakarta melintas," kata dia saat dikonfirmasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/12/2016).

Akibat insiden tersebut, jelas Syafi'i, korban lantas tewas di tempat. "Korban dibawa ke rumah sakit. Kami belum tahu identitas korban,” katanya.

Untuk kepentingan penyelidikan, saat ini insiden yang merenggut nyawa tersebut ditangani Laka Lantas Polda Metro Jaya. "Sopir bus PPD 0664 sudah diamankan untuk menghindari adanya amukan massa. Kasusnya ditangani Laka Lantas Polda Metro Jaya," tutup dia.







Jakarta > Pemerintahan

Bus Transjakarta Tetap Beroperasi Jumat Besok

Rabu, 30 November 2016 14:44 WIB
Editor : Wahyu AH | Sumber : dbs

Bus Transjakarta tetap beroperasi pada 2 Desember 2016.
Bus Transjakarta tetap beroperasi pada 2 Desember 2016.

Share this





Penyesuaian rute baru dilakukan saat aksi unjuk rasa berdampak terhadap jalur busway.

JAKARTA – Operasional bus Transjakarta tidak akan terganggu dengan adanya aksi damai di kawasan Monas pada 2 Desember 2016. Bus tetap beroperasi seperti biasanya. Armada bus Transjakarta khususnya koridor 1 Blok M-Kota pun tetap beroperasi normal.

"Koridor 1 hingga 12 tetap akan beroperasi normal. Penyesuaian rute baru dilakukan saat aksi tersebut berdampak menghambat jalur busway. Jadi, bila aksi damai di kawasan Monas  mengganggu akses armada transjakarta, maka rute perjalanan akan disesuaikan," ujar Dirut PT TransJakarta Budi Kaliwono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/11/2016).

Budi pun  meminta kepada pelanggan Transjakarta berangkat lebih awal guna meminimalisasi gangguan akibat unjuk rasa. Berdasar informasi, unjuk rasa berlangsung pukul 08.00-13.00 WIB.







Jakarta > Pemerintahan

Hari Guru, Transjakarta Gelar Konser Musik di Bus

Jumat, 25 November 2016 16:50 WIB
Editor : Andi MZ | Sumber : DBS

Transjakarta
Transjakarta

Share this





PT Transjakarta menggelar konser musik di bus rute Blok M – Sarinah Thamrin. Konser ini untuk memeriahkan Hari Guru Nasional.

JAKARTA – Dalam rangka memeriahkan Hari Guru Nasional, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menggelar konser musil di dalam bus rute Blok M – Sarinah - Thamrin. Konser itu menghadirkan penyanyi Lala Kumala dan Sandy Canester. Konser juga digelar di halte Sarinah.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono mengatakan konser tersebut merupakan bentuk apresiasi dan kepedulian terhadap pelanggan, termasuk guru. "Guru memiliki peranan besar dalam memberikan pendidikan dan karakter anak,” ujarnya, Jumat (25/11/2016).

Selain itu, TransJakarta membuka kesempatan bagi pelanggan yang ingin menyumbang buku bekas di kotak yang tersedia seperti di Stasiun Kota, Harmoni, Karet, Blok M, Matraman, Pemuda Pramuka, Kampung Melayu, Stasiun Klender, Senen, SMK 57 dan Kuningan Timur.

Selain menggelar konser di bus, Transjakarta juga membuka kesempatan bagi pelanggan yang ingin menyumbang buku bekas. Kotak penerimaan buku tersedia di Stasiun Kota, Harmoni, Karet, Blok M, Matraman, Pemuda Pramuka, Kampung Melayu, Stasiun Klender, Senen, SMK 57 dan Kuningan Timur.

Budi menjelaskan buku-buku tersebut akan disumbangkan ke taman bacaan yang berada di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA). “Kami juga mengadakan foto kontes bersama guru di media sosial,” ujarnya.







Jakarta > Pemerintahan

Pohon Tumbang Timpa Halte Bus Transjakarta di Pasar Rebo

Jumat, 11 November 2016 16:54 WIB
Editor : Dany Putra | Sumber : detik.com

Pohon tumbang menimpa Halte Transjakarta di Pasar Rebo, Jakarta Timur
Pohon tumbang menimpa Halte Transjakarta di Pasar Rebo, Jakarta Timur

Share this





Hujan deras disertai angin kencang membuat pohon tumbang disejumlah lokasi di Jakarta Timur.

JAKARTA – Hujan deras disertai angkin kencang yang melanda sejumlah kawasan di Ibu Kota sejak Jumat (11/11/2016) siang membuat pohon besar di Pasar Rebo, Jakarta Timur roboh. Pohon tumbang tersebut menimpa Halte Transjakarta.

Humas PT TransJakarta Wibowo mengatakan, pohon tumbang yang menghantan halte Transjakarta membuat pelayanan menjadi terganggu. Selain itu, pohon tumbang tersebut membuat kondisi lalu lintas di sekitar lokasi macet total.

"Robohnya pohon membuat layanan TransJakarta terganggu. Kondisi jalan macet parah," katanya dalam keterangannya, Jumat (11/11/2016).

Dia melanjutkan, pohon tumbang tidak hanya terjadi di Pasar Rebo. Sejumlah pohon tumbang juga ditemui di RS Harapan Bunda, Jakarta Timur. Pohon tersebut saat ini sudah dalam proses evakuasi oleh warga sekitar. "Pohon tumbang ke arah jalan. Proses pembersihan ranting-ranting oleh warga setempat," ujarnya.

Sejauh ini belum ada laporan korban luka di kedua lokasi pohon tumbang tersebut. PT TransJakarta meminta para pengguna busway untuk bersabar karena adanya kejadian pohon tumbang tersebut.

"PT TransJakarta meminta pelanggan untuk bersabar. Karena TransJakarta berusaha untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan," tutupnya.







Jakarta > Pemerintahan

Transjakarta Tetap Beroperasi Saat Aksi Demo 4 November 2016

Rabu, 02 November 2016 19:35 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Chandra Purnama

Ilustrasi Transjakarta
Ilustrasi Transjakarta

Share this





Transjakarta akan melihat perkembangan situasi pada saat unjuk rasa berlangsung untuk dapat mengambil antisipasi cepat.

JAKARTA – PT Transjakarta menjamin operasional bus Transjakarta pada Jumat 4 November 2016. Semua rute bus Transjakarta tetap akan beroperasi pada acar demo akbar bertajuk ‘Aksi Bela Islam’. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono.

"Transjakarta tetap melayani pelanggan," kata dia melalui keterangan resmi yang diterima Infonitas.com, Rabu (2/11/2016).

Budi menambahkan, ‎Transjakarta berkomitmen melayani penumpang 24 jam dalam satu hari, 7 hari dalam seminggu, dan 365 hari setiap tahunnya. Untuk itu, meskipun akan ada aksi besar-besaran oleh Ormas Islam tidak akan berpengaruh terhadap layanan Transjakarta.

Dalam melakukan persiapan Transjakarta akan melihat perkembangan situasi untuk dapat mengambil antisipasi cepat, sehingga gangguan pelayanan menjadi lebih minimal.

"Fokus Transjakarta pelayanan transportasi masyarakat sehingga keamanan dan kenyamanan masyarakat menjadi tolak ukur dalam pelaksanaan operasional," tandas Budi.

Sebelumnya diketahui, pada Jumat (4/11/2016), seluruh Ormas Islam akan mendatangi DKI Jakarta. Massa yang diperkirakan mencapai 35 ribu tersebut, menuntut untuk segera menyelesaikan polemik penistaan agama Islam yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).







Jakarta > Pemerintahan

Ini Cara Naik Bus Transjakarta Gratis

Jumat, 07 Oktober 2016 14:01 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Wahyu Muntinanto

ilustrasi bus transjakarta
ilustrasi bus transjakarta

Share this





Warga yang bisa menikmati fasilitas bus Transjakarta gratis yakni nasabah Bank DKI. Mereka terlebih dahulu hrus registrasi di kantor kecamatan.

PENJARINGAN - Camat Penjaringan Muhammad Andri mengatakan, warga Penjaringan pengguna kartu ATM Bank DKI kini bisa naik bus Transjakarta gratis. Namun, setelah nasabah tersebut melakukan registrasi di kantor Kecamatan Penjaringan.

"Jadi kalau ada warga yang punya kartu ATM bank DKI mau naik bus Transjakarta gratis, datang deh ke Kecamatan Penjaringan untuk registrasi," ujarnya saat dihubungi infonitas.com, Jumat (7/10/2016).

Andri menjelaskan bagi warga penjaringan yang ingin melakukan registrasi tersebut, langsung saja mendatangi Kecamatan Penjaringan pada pekan depan. "Untuk memulai regristrasi itu tanggal 10 Oktober 2016 sampai akhir tahun 2016," tuturnya.

Dia menjelaskan, untuk melakukan registrasi warga diharapkan membawa kartu ATM bank DKI dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.

"Naik bus Transjakarta gratis ini memang diperuntukan dari kalangan tertentu. PNS, pensiunan, pekerja kontrak di kalangan Pemprov DKI, siswa yang menggunakan KJP, karyawan swasta yang berpenghasilan UMR dan penghuni rusun," tutup Andri.