Kamis, 21 Desember 2017 10:20:00
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Yatti Febriningsih
Tak Lagi Dapat Subsidi, Wagub DKI Pastikan Tarif Transjakarta Normal
Ilustrasi Transjakarta (ist)
Foto : istimewa
 

JAKARTA –Pemerintah Provinsi (Pemrov)  DKI Jakarta tidak memberikan subsidi kepada PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai 2019. Meski demikian, tarif transportasi publik tersebut tetap normal atau tidak mengalami kenaikan.

"Enggak sama sekali, enggak naik.Jadi, intinya mereka mau meningkatkan non-fair box revenue, yang diluar tiket, dan alangkah baiknya kalau tidak membebani APBD ke depannya," ujar Sandi di Kawasab Kota Tua,  Jakarta Barat,  Rabu (20/12/2017) malam.

Rencana ini, kata Sandi lantaran serapan anggaran PT Transjakarta hanya sebesar 50 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)  DKI Tahun 2017. Selanjutnya, kata Sandi, pihak Transjakarta tengah melakukan kajian jika rencana penghapusan subsidi ini dilakukan.

"Dan pak Budi (Dirut Transjakarta)  lagi menghitung. Ini yang luar biasa, karena selama ini Rp 2-3 triliun dianggarkan untuk Transjakarta tiap tahun di APBD, tahun ini hanya terserap sekitar 50 persen, berarti ada penghematan yang sangat luar biasa," lanjutnya

Lebih lanjut,  rencana penghapusan subsidi ini ditujukan agar kedepannya PT Transjakarta bisa lebih mandiri.  Salah satunya PT Transjakarta bisa  mengembangkan pendapatan yang diperoleh dengan pendapatan non fair box tanpa harus didukung subsidi yang diberikan pemerintah.

"Alangkah baiknya kalau misalnya digabungkan dengan non fair box revenue atau pendapatan di luar tiket mereka bisa mandiri. Dan mereka bisa mandiri, tidak diperlukan lagi subsidi, " tukasnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda