-->
Jakarta > Pemerintahan

Sudin KPKP Pastikan Hewan Kurban Sehat

Jumat, 20 Juli 2018 14:53 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Adi Wijaya

Ilustrasi penjualan hewan kurban
Ilustrasi penjualan hewan kurban (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Sejak 10 hari jelang Idul Adha, Sudin KPKP Jakarta Barat melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban yang dijual para pedagang.

KEMBANGAN - Penjualan hewan kurban marak menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 H, yang jatuh pada Rabu (22/7/2018) mendatang. Dipastikan, hewan kurban yang dijual dalam keadaan sehat fisik.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat, Marsawitri Gumay memastikan akan mengadakan pengecekan terhadap hewan kurban yang dijual. Jadwal pengecekan dimulai sejak 10 hari sebelum perayaan Idul Adha 1439 H.

"Pengecekan itu akan serentak dilaksanakan pada delapan kecamatan di Jakarta Barat," kata Marsawitri, saat dikonfirmasi, Jumat (20/7/2018).

Dijelaskannya, pengecekan hewan kurban meliputi pemeriksaan penyakit antrak dan cacingan. Jika ditemukan positif berpenyakit, maka hewan kurban itu akan ditarik dari pasaran.

"Soal penyakit ini tak bisa ditolerir. Pemeriksaan juga dilakukan di masjid-masjid," jelasnya.

Mengingat maraknya penjualan hewan kurban, pihaknya turut menggandeng petugas dari kelurahan dan kecamatan. Total penjualan hewan kurban di Jakarta Barat diprediksi mencapai puluhan ribu.

"Personil kita kurang. Maka, kami berencana bekerjasama dengan pihak kelurahan dan kecamatan. Sebab jumlah pedagang hewan kurban itu banyak sekali," tandasnya.

    -->