Jakarta > Pemerintahan

Spekulasi Masa Depan Ahok Pasca Gubernur DKI

Jumat, 21 April 2017 11:34 WIB
Editor : Wahyu AH | Sumber : DBS

Istimewa-Ahok
Istimewa
Foto : istimewa

Share this





Berbagai spekulasi masa depan Ahok pasca menjadi gubernur DKI bermunculan.

JAKARTA – Hasil resmi penghitungan suara Pilkada DKI Jakarta memang belum terbit. Namun, berdasar quick count semua lembaga survey, calon petahana sudah dipastikan gugur. Lazimnya, hasil itu tidak akan berbeda jauh dari penghitungan manual oleh KPU.
 
Berbagai spekulasi mengenai masa depan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyeruak. Kabarnya, Ahok memilih meninggalkan panggung politik. Dia berencana membangun bisnis tambang pasir silika bersama kakak angkatnya, Andi Analta Amier.
 
"Beliau itu tidak punya, maksudnya jaim-jaim gitu enggak ada. Dia pernah bilang, kalau enggak jadi gubernur ikut sama kakak sajalah, kerja lagi katanya," ucapnya seperti dikutip dari tribunnews.com, Jumat (21/4/2017).
 
Namun, beberapa sumber lain menyebut, Ahok sempat menyampaikan ke Presiden Jokowi terkait keinginannya menjabat sebagai Dirut Badan Urusan Logistik (Bulog). "Saya sudah bilang ke Presiden kalau bos Bulog enggak beres biar saya yang gantikan," kata kata Ahok saat prosesi peresmian Operasi Pasar 2015 di Balai Kota, Kamis, 2 Juli 2015.
 
Rumor lain tidak kalah mengejutkan. Muncul skema yang menyebut Ahok akan mengundurkan diri sebagai gubernur pada 30 Juli 2017. Sambil menanti pencopotan Tjahyo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri saat reshuffle Kabinet Kerja pada 25 Agustus 2017.
 
Sehingga, nantinya Ahok yang akan mengisi posisi tersebut. Ahok pula yang akan melantik Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2017.
 
 
Media Survey Nasional (Median) sempat melakukan riset terhadap 1.200 responden warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih. Hasilnya, 44,9  persen responden menilai Ahok lebih memiliki kemampuan membenahi Jakarta ketimbang rivalnya.
Itulah mengapa, banyak netizen menggagas Ahok menjadi ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
"Pak Ahok, gapapa kalah pak, kayaknya Allah emg menyiapkan sesuatu yg besar buat kota jakarta ini, Siap2 ya pak langsung jd ketua KPK ya. Trus hukum mati aja yah pak yg korup2, pejabat2 korup abisin aja pak. Terima kasih buat kerja keras bapak selama ini untuk jakarta," ungkap Natasha Rizky di akun Instagramnya.