Jakarta > Pemerintahan

Sistem Ganjil Genap di Tol Jagorawi Diuji Coba Mulai Hari Ini

Senin, 16 April 2018 11:34 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Yatti Febriningsih

Tol Jagorawi
Arus lalu lintas di ruas Tol Jagorawi.
Foto : istimewa

Share this








Pelaksanaan uji coba sistem ganjil genap mulai diberlakukan hari ini di ruas Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Tol Jakarta-Tangerang (Janger)..

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan uji coba paket kebijakan di dua ruas jalan tol hari ini, Senin (16/5/2018).  Kedua ruas tol itu adalah Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Tol Jakarta-Tangerang (Janger).

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan paket kebijakan ini merupakan upaya pemerintah untuk mengurai kemacetan di dua ruas tol tersebut. Dengan diterapkannya paket kebijakan ini diharapkan dapat menurunkan perbandingan antara volume dengan kapasitas suatu jalan raya (V/C rasio) dan meningkatkan rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol.

“Kami berharap bahwa arus lalu lintas di jalan tol menjadi lebih terdistribusi, sehingga rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol dapat ditingkatkan,” ujarnya kepada Infonitas.com, Senin (16/4/2018).

Bambang melanjutkan terkait uji coba ini pemerintah telah berkoordinasi untuk memastikan kelancaran lalu lintas selama uji coba. Uji coba ini rencananya akan dilakukan hingga akhir bulan ini sebelum akhirnya resmi diterapkan pada Mei 2018.

“Pelaksanaan paket kebijakan di Ruas Jalan Tol Jagorawi dan Ruas Jalan Tol Janger merupakan wujud sinergi antarlembaga, yakni Kementerian Perhubungan,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, BPTJ, BPJT, Korlantas Polri dan Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol,” urainya.

Selain itu, guna memastikan penerapan uji coba paket kebijakan tersebut berjalan dengan lancar, Jasa Marga telah melakukan serangkaian kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pengguna jalan tol, berupa pembagian flyer di GT Cibubur 2, GT Tangerang 2, dan GT Kunciran 2, pemasangan spanduk pada titik-titik tertentu, serta menggunakan berbagai saluran media yang dimiliki oleh Perseroan.