Jakarta > Pemerintahan

Info Komuter

Sandiga Uno Setuju MRT Jakarta Sampai ke Tangsel

Senin, 15 Januari 2018 16:20 WIB
Editor : Fauzi | Reporter : Yatti Febriningsih

MRT Jakarta ke Tangsel
Airi, William dan Sandiaga saat memberikan keterangan pers terkait perpanjangan operasional MRT Jakarta hingga ke Tangsel.
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Sandiaga Uno berharap, perpanjangan operasional MRT Jakarta ini bisa dipersiapkan sesegera mungkin, pengerjaannya dimulai pada tahun 2019.

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan, moda transportasi massal Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta akan masuk sampai ke Tangerang Selatan (Tangsel). “Rencana dari Pemkot Tangerang Selatan untuk mendorong perpanjangan daripada MRT Jakarta. Extention daripada business development MRT adalah pembangunan yang akan meneruskan MRT dari Lebak Bulus ke wilayah Tangerang Selatan,” jelas Sandi, Senin (15/1).

Sementara itu, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diany mengatakan, usul perpanjangan MRT Jakarta ini berasal dari Tangerang Selatan. Dan, ia bersyukur mendapatkan respon yang positif.

“Ini adalah permintaan warga dan saya serta juga Pemkot Tangerang Selatan. Harapan kita, MRT tidak berhenti sampai di Lebak Bulus, tapi bisa dilanjut ke Pasar jumat, Ciputat dan sekitarnya. Alhamdulilah, terima kasih banyak Pak Wagub, direspons dengan cepat. Mudah-mudahan ini bisa hasil FS (feasibility study)-nya segera ada dan time table juga sudah disepakati bersama,” ungkap Airin.

Adapun Dirut PT MRT Jakarta William Sabandar menambahkan, usulan perpanjangan operasional MRT Jakarta ini akan dibahas dan dikaji lebih lanjut, terkait mekanisme pelaksanaannya.

“Ini akan didalami pada saat FS dilaksanakan. Kemudian akan dipilih, jalur mana atau skenario mana yang paling ekonomis atau palingan feasible, pilihannya seperti apa, jumlah penumpang yang akan diangkut seperti apa,” paparnya.

Feasibility studies perpanjangan operasional MRT Jakarta ini diharapkan bisa selesai pada tahun ini. “Sementara, untuk penggerjaannya bisa mulai berjalan pada tahun 2019 dan kerjasamanya dikonspekan dalam Kemitraan Pemerinta – Badan Usaha (KPBU) mulai tahun 2018/2019,” harap Sandiaga Uno.