Senin, 06 Agustus 2018 11:57:00
Editor : Galih Pratama | Reporter : Yatti Febriningsih
Relokasi Pedagang Sate Taichan, Begini Kata Kadis UMKM DKI Jakarta
Ilustrasi pedagang sate taichan di Senayan.
Foto : istimewa
 

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta telah merelokasi pedagang sate taichan yang biasa membuka lapak di pinggir ruas jalan Senayan, Jakarta Pusat. Saat ini mereka sudah mulai berjualandi area parkir motor mal Senayan City.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) DKI Jakarta Irwandi mengatakan, pemindahan itu tidak berdampak terhadap keramaian pengunjung. Meski dengan lokasi berbeda, sate taichan tetap menarik bagi masyarakat ibu kota.

“Iya, sudah masuk (area parkir motor Senayan City), sudah ramai. Mulai pindah tanggal 1 Agustus,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kelurahan Rawaterate, Cakung, Jakarta Timur, Minggu (5/8/2018).

Rencananya, relokasi ini akan terus berjaln selama Asian Games 2018 berlangsung. Namun, melihat kenyamanan pengunjung dia berharap, pedagang sate taichan bisa seterusnya berjualan di lokasi baru tersebut kedepannya.

“Ya tapi kalau sudah bagus di situ ya sudah di situ saja deh, nggak usah pindah-pindah, jangan di jalanan,” kata Irwandi.

Kendati begitu, Irwandi menegaskan baik pedagang dan pembeli harus tetap mematuhi aturan yang berlaku. Oleh karena itu, ia memghimbau agar kedua belah pihak  bisa menjaga ketertiban dan ketentuan yang diminta oleh pihak pengelola pusat perbelanjaan itu.

“(Pedagang dan pembeli) harus tertib, rapi, sesuai dengan ketentuan, jangan dilanggar. Tapi kalau darurat yakan kadang itu darurat semua alasannya. Tapi kalau Senayan City memang ngizinin, ya di situ saja,” tegasnya.

Sebelum Asian Games berakhir,Pemprov DKI pun berupaya melakukan pendekatan ke pihak Senayan City untuk memperpanjang izin menggunakan lahan tersebut. Bila perlu kata dia akan diadakan biaya sewa bagi pedagang sate taichan.

“Izinnya kan sementara, nanti kan kita lobby lagi ke Senayan City. Ya kalau memang misalnya dia ada bayar pungut sewa silakan sewa ke Senayan City. Kita nggak tahu urusannya kan gitu. Yang penting rapi,” pungkasnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda