Jakarta > Pemerintahan

HUT Ke-72 RI

Pramuka Nanti Lomba Panjat Pinang di HUT Kemerdekaan

Kamis, 10 Agustus 2017 14:40 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi lomba panjat pinang
Ilustrasi lomba panjat pinang
Foto : istimewa

Share this








Lomba panjat pinang menjadi salah satu lambang semangat dan melambangkan perjuangan para pahlawan Indonesia.

JAKARTA – Pemuda Pramuka mengaku tidak sabar menanti datangnya hari HUT ke-72 Kemerdekaan RI yang jatuh 17 Agustus 2017. Mereka tidak sabar mengikuti beragam lomba yang biasa digelar menyambut kemerdekaan, terutama lomba panjat pinang.

"Kami anak pramuka biasanya tidak jauh berbeda dengan masyarakat lainnya. Kami juga ikut untuk berpartisiapsi dalam lomba-lomba. Tapi yang paling kami tunggu adalah lomba panjat pinang," ujar salah satu anggota Pramuka Tarreq Kemal A (16) saat acara pelepasan Kontingen Pramuka DKI Jakarta Dalam Rangka Pelaksanaan Raimuna Nasional XI Tahun 2017, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (10/8/2017).

Kontingen Pramukanasal Jakarta Selatan ini melanjutkan, lomba panjat pinang menjadi salah satu lambang semangat. Oleh karenanya, lomba ini merupakan salah satu hal yang melambangkan perjuangan para pahlawan Indonesia.

"Justru itu menimbulkan semangat kita. Itu kan setahun sekali. Selain lomba, tentunya kami juga menunggu momen menaikkan bendera sang saka merah putih. Hal ini melambangkan kemerdekaan, khususnya untuk bangsa Indonesia itu dibutuhkan perjuangan yang sangat keras," lanjutnya.

Menurut Tarreq arti merdeka saat ialah bagaimana untuk tetap melanjutkan perjuangan yang sudah diraih oleh pahlawan bangsa dalam merbut kemerdekaan dari para tangan penjajah.

"Kini saatnya kita berjuang untuk menjadikan Indonesia negara yang benar-benar berdiri sendiri. Untuk itu, makna kemerdekaan bagi saya adalah makna yang sangat dalam yang tidak bisa diungkapkan dengan sepatah dua patah kata," tutupnya.