-->
Jakarta > Pemerintahan

Pemkot Jaktim Perlebar Saluran Air Sepanjang Cilincing-Rusun Tipar

Rabu, 17 Januari 2018 17:07 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Ronald Tanoso

Wali Kota Jaktim Bambang Musyawardhana saat menghimbau saluran air yang melintasi di Jalan Cakung Cilincing
Wali Kota Jaktim Bambang Musyawardhana saat menghimbau saluran air yang melintasi di Jalan Cakung Cilincing
Foto : Ronald Tanoso

Share this








Saluran air yang diperlebar dari Cilincing-Rusun Tipar oleh Pemkot Jaktim sepanjang 2,1 kilometer.

JAKARTA - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan memperlebar saluran air sepanjang 2,1 kilometer yang melintasi Jalan Cakung Cilincing hingga Rusun Tipar Cakung, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung. 

Rencana pembangunan saluran ini merupakan usulan warga dari kegiatan Rembuk RW di Kelurahan Cakung Barat untuk memperlebar saluran yang awalnya 2 meter menjadi 5 meter.

Tujuan dari pelebaran saluran untuk mengatasi genangan air yang sudah terjadi dalam 15 tahun belakangan ini setiap turun hujan. Adapun RW yang terdampak genangan yaitu RW 07, RW 08, RW 09 dan RW 010 Kelurahan Cakung Barat.

Sementara itu, Pemkot Jakarta Timur sangat mendukung usulan warga yang akan melakukan pelebaran jalan tersebut. 

“Tahun ini akan saya lakukan pembangunan pelebaran saluran sepanjang 2,1 kilometer dari Cakung Draine hingga Rusun Tipar Cakung," kata Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana saat meninjau ke lokasi, Selasa (16/1).

Dirinya berharap, setelah adanya pelebaran saluran tersebut tidak ada lagi masalah genangan di wilayah Kelurahan Cakung Barat. 

“Saya juga berharap warga mendukung dengan adanya pembangunan saluran tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan, serta menjaga saluran yang sudah dibangun," tukasnya.

Sementara itu Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur Mustajab mengatakan, pelebaran saluran di Kelurahan Cakung Barat ini masuk dalam perencanaan pembangunan tahun anggaran 2018, dari usulan Rembuk RW tahun 2018.

“Saluran akan kita rubah kedalamannya menjadi 3 meter dan akan kita perlebar menjadi 5 meter. Tujuannya, menampung debit air sehingga tidak lagi terjadi genangan, dan aliran drainasenya juga akan kita perbaiki sehingga berjalan normal," tambahnya.

 

    -->