Jakarta > Pemerintahan

Menanti Upah Layak 2018

Pekerja Bisa Naik Transjakarta Gratis Tahun Depan, Ini Syaratnya

Kamis, 02 November 2017 10:10 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Dirut Transjakarta Budi Kaliwono di Balai Kota DKI.
Dirut Transjakarta Budi Kaliwono di Balai Kota DKI.
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Tidak semua pekerja bisa menikmati layanan gratis naik Transjakarta. Hanya yang memiliki KTP DKI dan memiliki upah di bawah UMP 2018.

JAKARTA - Para pekerja bisa naik bus Transjakarta gratis lewat program excutable. Namun, kata direktur utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Budi Kaliwono, hanya pekerja tertentu saja yang bisa menikmati layanan ini. Yakni, pekerja dengan upah di bawah UMP 2018 sebesar Rp 3.648.035.

"Pasti pertama dia harus tercatat sebagai pekerja. Kedua mendapatkan upah sebesar UMP. Ini yang akan kita kasih gratis. Maksimal UMP," ujar Budi di Balai Kota DKI usai pertemuan penetapan UMP DKI 2018, Rabu (1/11/2017) malam.

Selain UMP, layanan juga hanya khusus bagi pemilik Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta dan harus berdomisili di Ibu Kota.

"Kalau sudah bekerja di Jakarta dan berdomisili di Jakarta pasti bisa memiliki kartu ini. Sementara yang kita pakai adalah yang berdomisili di Jakarta, ber-ID di Jakarta, dan bekerja di Jakarta. Memang aturan perburuhannya juga seperti itu kan," terangnya.

Layanan ini nantinya tidak hanya bekerja sama dengan bank DKI tetapi juga dengan bank swasta lainnya. Targetnya bisa digunakan mulai 1 Januari 2018.

"Sementara, kita buka bukan hanya di bank DKI tapi kami akan perluas ke beberapa bank supaya jangkauannya menjadi lebih besar dan lebih mudah. Jadi, Pak Gubernur berharap bisa lebih aktif memperbesar. Kalau kita hanya pakai satu bank kan pasti nanti enggak bisa maksimal," tuturnya.

Baca Juga : Meski Dipenjara, Ahok Akan Dijadikan Brand Salted Egg Fish Skin

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan akan merancang program excutable, yakni memberikan keistimewaan bagi para pekerja yang memiliki upah di bawah UMP 2018. Keistimewaan tersebut adalah, naik Transjakarta gratis dan mendapatkan potongan harga saat berbelanja di PD Pasar Jaya.