Jakarta > Pemerintahan

Pasca Longsor, KA Bandara Kembali Beroperasi

Jumat, 09 Februari 2018 10:54 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Yatti Febriningsih

Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta
Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta (Ist)
Foto : istimewa

Share this








KA Bandar kembali beroperasi sejak Kamis (8/2) malam.

JAKARTA - Pasca insiden longsor beberapa waktu lalu, Kereta Api (KA) Bandara kini dianyatakan kembali beroperasi. Kereta ini diumumkan kembali mulai melayani penumpang sejak Kamis malam (8/2/2018). 

"Hasil uji coba dan kajian teknis oleh konsultan independen hari ini menyatakan bahwa jalur telah bisa dilalui KA Bandara. Maka, malam ini KA Bandara beroperasi kembali" ujar Direktur utama PT Railink dalam keterangan tertulis yang diterima Infonitas.com, Jumat (9/2/2018).

Hal senada juga disampaikan oleh Humas PT Railink Diah Suryandari. Diah  mengatakan, keputusan ini diambil setelah melalui proses ujicoba terlebih dahulu dilakukan.  

“Pada Kamis 08 Februari 2018, telah dilaksanakan uji coba operasi menggunakan lokomotif dan rangkaian KA bandara oleh tim teknis PT KAI bersama konsultan independen,” jelasnya. 

Lanjutnya, dari hasil uji coba tersebut diputuskan jalur kembali bisa dilalui jika sesuai perjalanan KA dengan pembatasan kecepatan sementara.

Pembatasan kecepatan dimaksudkan untuk mengamankan perjalanan KA dan pekerjaan perbaikan pada lokasi longsor.

“KA Bandara akan beroperasi normal dan sesuai dengan jadwal perjalanan yang berlaku. Pembatasan kecepatan hanya sekitar 100 meter pada jalur yang berdekatan dengan titik longsor sehingga tidak berpengaruh terhadap waktu tempuh KA Bandara Soekarno Hatta,” terangnya.

Sebagai informasi, KA Bandara Soekarno- Hatta akan operasional mulai pukul 19:51 WIB untuk relasi Stasiun Sudirman Baru (BNI City) - Stasiun Batu Ceper - Stasiun Bandara Soekarno Hatta.

Dan pukul 20:40 WIB untuk relasi Stasiun Bandara Soekarno Hatta -Stasiun Batu Ceper - Stasiun Sudirman Baru (BNI City).

Sebelumnya, Senin (5/2) pukul 18:10 WIB telah terjadi longsoran tanah di underpass parimeter KM 8+6/7 jalur Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta) - Batuceper akibat curah hujan yang tinggi. Longsoran ini juga berimbas pada  diberhentikannya sementara perjalanan KA Bandara Soekarno- Hatta