-->
Jakarta > Pemerintahan

Pantau Aksi Bela Palestina, Sandiaga: Aksinya Kondusif

Jumat, 11 Mei 2018 10:50 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi aksi bela Palestina.
Ilustrasi aksi bela Palestina.
Foto : istimewa

Share this








Sebelum bekerja, Sandiaga Uno telah pantau dan keliling Balai Kota yang letaknya tak jauh dari aksi Bela Palestina. Dia melihat aksinya berjalan kondusif.

JAKARTA - Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis sejak pagi menggelar aksi solidaritas untuk Palestina di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018). Aksi ini mendapatkan perhatian dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Bahkan dia mengaku, sebelum menjalani aktivitas kerjanya, dia sudah memantau keliling kantor Balai Kota yang letaknya tak jauh dari Monas tempat aksi tersebut berlangsung. Dari situ, Sandiaga melihat jika para peserta aksi terlihat kondusif sembari menyerukan setop kekerasan di Palestina. 

“Sudah muter lari. Kondusif dan saya liat ada beberapa jualan syal, kerudung, sajadah juga atribut Palestina, atribut yang berkenaan dengan aksi ini tentunya dengan damai menyerukan stop kekerasan di Palestina,” ujar Sandiaga di Balaikota, Jakarta, Jumat (12/5/2018). 

Terkait aksi ini, Sandiaga mengimbau agar para peserta aksi tetap menjaga ketertiban dan persatuan. Sebab, kata dia, Indonesia sejak era Presiden RI Soekarno sudah mendukung Palestina untuk merdeka seperti lainnya. Aksi yang digelar kali ini adalah wujud perhatian khusus dan solidaritas kesetiakawanan Indonesia untuk Palestina.

“Palestina dulu mendukung waktu Indonesia merdeka, sekarang kita juga tentunya bagaimana kita sebagai bangsa mengirimkan pesan yanh jelas bahwa Indonesia bersama Palestina,” lanjutnya. 

Di sisi lain, akibat aksi solidaritas arus lalulintas di kawasan Monas terlihat padat merayap, namun sudah diatur oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Pihaknya telah menurunkan sebanyak 2.100 personel Satpol PP untuk mengamankan aksi tersebut.

“Kelihatannya sangat kondusif dan kita harapkan ini bisa jadi sebuah pernyataan yang jelas bahwa Indonesia dan Jakarta mendukung perdamaian dunia. Untuk itu, kita harapkan ada kegiatan ekonomi di sekitarnya,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Peserta aksi Bela Palestina dari sejumlah organisasi massa (Ormas) mulai mendatangi lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta, sejak Jumat (11/5) subuh. Aksi Bela Palestina digelar sebagai respons atas pemindahan ibu kota Israel ke Yerusalem.

    -->