-->
Jakarta > Pemerintahan

Mudik Lebaran, Dishub DKI Rem Cek Kendaraan Selama Sebulan

Rabu, 06 Juni 2018 14:46 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Kegiatan rem cek yang dilakukan oleh Dishub DKI selama sebulan guna memastikan kondisi kendaraan dalam kondisi baik.

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan rem cek selama satu bulan penuh sebelum memasuki arus mudik Lebaran 2018. Ini dilakukan melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ).

 “1.598 bus yang dilakukan dari 15 Mei - 4 Juni 2018 yang akan digunakan untuk arus mudik dan arus balik,” ujar Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah di Terminal Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (6/6/2018).

Selain melakukan rem cek, Pemprov DKI Jakarta melakukan pemeriksaan kesehatan untuk sopir angkutan bus mudik dengan bekerjasama Dinas Kesehatan DKI dan Badan Narkotika Provinsi DKI Jakarta. Tidak hanya sopir, Pemprov DKI juga mengratiskan pengecekan kesehatan pada seluruh puskesmas khusus calon pemudik.

 “Serta melakukan tes kesehatan dalam mengantisipasi kondisi pengemudi agar selalu dalam keadaan sehat, operasi secara fisik,” kata Andri.

 Sebelumnya, Andri mengatakan rem cek sebagai penentu beroperasi atau tidaknya sebuah bus baru bisa diputuskan H-8 menjelang mudik lebaran. Hal itu berbeda dibandingkan sistem rem cek pada tahun 2017 lalu yang dilakukan tidak dari jauh-jauh hari.

“Sekarang ini ada perbedaan, kita kan lakukan rem cek sebelum pelaksanaan H-8. Dan, H+8 dilakukan remcek, tapi saat lakukan remcek apabila diketemukan tidak layak kita masih memberikan kesempatan dia untuk perbaiki,” pungkasnya.

 

    -->