Jumat, 10 Agustus 2018 18:14:00
Editor : Fauzi | Reporter : Yatti Febriningsih
Ujicoba Transportasi Asian Games
Menhub Budi Karya Sumadi usai menjajal operasional transportasi atlet selama Asian Games 2018.
Foto : istimewa
 

JAKARTA – Menteri Perhubungan  Budi Karya Sumadi melakukan simulasi operasi untuk bus yang akan dioperasikan untuk para atlet Asian Games 2018. Dalam simulasi ini, Menhub Budi Karya optimis menyakinkan hal-hal terkait bisa berjalan baik saat perhelatan Asian Games yang akn berlangsung pada 18 Agustus - 2 September 2018 mendatang. 

“Tadi kita berangkat dari Wisma Atlet Kemayoran jam 11.55 WIB dan sampai di sini kurang dari 30 menit. Ini harus dipertahankan agar waktu tempuh yang diharapkan bisa terealisasi dengan baik," ujar Menhub dalam keterangan tertulis yang diterima Infonitas.com, Jumat (10/8). 

Namun, ia pun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan evaluasi terhadap kebijakan yang sudah ditetapkan. Hal ini dilakukan agar semua berjalan kondusif karena ini merupakan perhelatan besar. "Ini dilakukan agar ada suatu fleksibilitas yang juga mementingkan masyarakat. Lalu, kalau waktu tempuh ke sini cuma 30 menit Insya Allah Indonesia bisa memenangkan banyak pertandingan. Inikan impresi Indonesia di mata dunia," kata Menhub. 

Menhub juga menuturkan bahwa saat perjalanan simulasi ada sistem penutupan jalan. Nantinya akan ada pengaturan kendaraan truk akan dihilangkan serta adanya pengawalan untuk atlet, dan waktu-waktu penutupan jalan tol."Tadi kan saat simulasi sistemnya menutup beberapa jalan ya, kalau nanti akan ada kompensasi kendaraan truk yang kita hilangkan,” kata Menhub. 

Saat Asian Games, jalanan kata Menbub Budi Karya juga akan kosong seperti saat simulasi tadi, karena saat pagi atlet akan dikawal dan pintu tol juga akan ditutup sebelum mereka berangkat. Ia mengaku optimis masalah transportasi saat Asian Games akan berjalan dengan baik. “Saya optimis terkait penggunaan transportasi saat Asian Games nanti berjalan baik, karena sudah dilakukan uji coba beberapa kali. Sehingga untuk teknis di lapangan saya optimis,” pungkasnya. 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda