Jakarta > Pemerintahan

Kepulauan Seribu Jadi Tempat Wisata Para Tamu Asian Games

Rabu, 21 Maret 2018 13:07 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu
Foto : Adi Wijaya

Share this








Penataan Kepulauan Seribu sebagai tempat wisata para tamu Asian Games sedang dipersiapkan.

JAKARTA - Sambut Asian Games, pemerintah terus melakukan penataan tidak hanya di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan tetapi juga Kepulauan Seribu. Ini ditujukan untuk menarik wisatawan asing saat Asian Games Agustus  mendatang. 

“Kesiapan kita antara lain fokus implementasi komitmen kita di Kepulauan Seribu yaitu gerakan cerdas, budaya bersih, sehat dan senyum. Kalo kita bicara bersih sehat dan senyum ini berhubungan dengan bagaimana kenyamanan pariwisata yang datang ke sana,” ungkap Wakil Dinas Perhubungan (Wakadishub) DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko di Jakarta, Rabu (21/3/2018). 

Sigit juga akan mempersiapkan tempat tinggal serta memberikan pilihan makanan yang bervariasi. Serta, memastikan masalah kebersihan di Kepulauan Seribu. 

“Karena ada Asian Games kita juga menyiapkan homestay yang ada di sana supaya mereka lebih ramah dan makanan lebih bervariasi lebih sehat dan memenuhi standar internasional. Jadi, selama ini toilet jongkok sekarang sudah duduk,” katanya. 

Selain itu, Sigit juga akan memastikan jaminan aliran listrik di Kepulauan Seribu, terutama saat Asian Games. Terkait ini, dia sudah melakukan koordinasi bersama PT Jakarta Propertindo (Jakpro). 

“Cuma untuk pulau resort masih kita usahakan supaya bisa juga tersalurkan listrik. Karena akan membantu mereka dalam efisien cost listrik untuk energi dan daya saing akan lebih baik. Kalau mengatasi masalah listrik yang tiba-tiba mengganggu menggunakan genset,” terangnya. 

Tidak hanya Asian Games, persiapan rencana Festival Pulau Tidung juga tengah disiapkan. “Persiapan kita mulai dari pembersihan jalur, karena nanti renang itu 1 km, lari 10 km. Seperti apa, nanti kita cek jalurnya. Mereka bermalam menggunakan tenda di pulau Tidung kecil, itu kan seru banget tuh. Kita siapkan sebaik mungkin,” imbuhnya.