Senin, 10 September 2018 15:37:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Yatti Febriningsih
Kendala Lelang, Proyek TMB Mangkrak
Kepala Dinas Kehutanan, Pertamanan dan Pemakaman DKI Djafar Muchlisin (Ist)
Foto : istimewa
 

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membuat 10 Taman Maju Bersama (TMB). Ini sebagai program dalam rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2018-2022.

Namun begitu, pembangunannya masih belum juga dilakukan lantaran terhambat masalah lelang. Padahal untuk membangun TMB tidak harus melakukan pembebasan lahan.

“Enggak ada pembebasan lahan, cuma proses lelang aja yang lama. Jadi mudah-mudahan pertengahan bulan,” ujar Kepala Dinas Kehutanan, Pertamanan dan Pemakaman DKI Djafar Muchlisin saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (10/9/2018).

Djafar melanjutkan, sampi saat ini pihaknya masih terus melakukan konfirmasi dan pengecekan untuk pemenang tender yang berhak menggarap proyek TMB tersebut.

Rencananya, TMB yang dibangun ada di sepuluh titik wilayah DKI Jakarta. Nantinya, seluruh taman akan dibuat baru bukan renovasi ataupun revitalisasi.

Ke sepuluh titik pembangunan TMB diantaranya, Rorotan, Kampung Baru, Ragunan, Pasar Minggu, Bambu Apus, Pesanggrahan, Kebon Jeruk, Cipayung, Lenteng Agung dan Jagakarsa. Keseluruhannya akan menyedot anggaran mencapai Rp27 miliar dengan target selesai dalam satu tahun.

“Satu taman itu Rp1 - 2 miliar. Jadi kalau keseluruhan Rp 27 miliaran,” kata dia. 

Ia melanjutkan, pembangunan taman maju bersama berbeda dengan proyek sebelumnya yakni Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) lantara taman maju bersama akan memiliki konsep naturan dan alami.

Sedangkan RPTRA terkesan lebih ramai dan pembangunannya juga lebih sedikit menggunakan bahan bangunan keras seperti paving block.

“Kalau keadaan fisiknya saat ini adalah perairan maka taman akan dibangun di atas air. Tetapada aula tapi dalam bentuk bambu, panggung dari bambu,” terang Djafar. 

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta rencananya akan membangun 10 Taman Maju Bersama pada tahun ini. Untuk target lima tahun ke depan, Pemprov DKI akan membangun 261 Taman Maju Bersama yang tersebar di lima wilayah ibu kota.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda