Jakarta > Pemerintahan

Pilkada DKI 2017

Kampanye Putaran Kedua, Ahok Sidang dan Anies Ziarah ke Bung Hatta

Selasa, 07 Maret 2017 09:17 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : DBS

Ilustrasi Ahok dan Anies
Ilustrasi Ahok dan Anies
Foto : istimewa

Share this





Kampanye putaran kedua yang berlangsung pada 7 Maret- 15 Maret 2017, Ahok harus menjalani sidang penistaan agama dan Anies ziarah ke makam Bung Hatta.

JAKARTA – Pada kampanye hari pertama ini, Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kembali menjalani sidang lanjutan atas kasus dugaan penistaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam persidangan kali ini diagendakan mendengarkan tiga saksi fakta yang dihadirkan tim kuasa hukum Ahok.

Ketiga saksi tersebut adalah Bambang Waluyo D, Analta Amier, dan Eko Cahyono. Humphrey menyebut ketiganya sudah siap bertempur di pengadilan. Bambang Waluyo merupakan Wakil Ketua Tim Pemenangan Ahok-Djarot di Pilkada DKI 2017. Sementara Analta Amier merupakan kakak angkat Ahok.

Tepat pukul 09.00 WIB, mantan Bupati Belitung Timur ini sudah berada di ruang sidang. Ahok yang hadir mengenakan kemeja bermotif batik ini terlihat tidak tegang seperti persidangan sebelumnya.

Menurut salah satu Kuasa Hukum Ahok, Humphrey Djemat, Sidang hari ini merupakan awal untuk membuktikan bahwa Ahok tidak melakukan penodaan agama."Persiapannya sangat matang saksi-saksi sudah siap bertempur di pengadilan," ujar Humphrey.

Untuk diketahui, Ahok didakwa melanggar pasal penodaan agama terkait pidatonya di Kepulauan Seribu. Ahok dianggap telah menodai agama melalui pernyataannya terkait Surat Al-Maidah ayat 51.

Sementara itu, calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memiliki 4 agenda internal dan 1 agenda sosialisasi ke warga. Cagub nomor urut 3 itu mengawali agendanya hari ini dengan ziarah makam Proklamator RI Bung Hatta bersama Ibu Mutia Hatta di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir Jakarta Selatan. Selanjutnya sosialisasi ke warga di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat.

Menjelang siang hari, mantan Mendikbud itu akan menghadiri deklarasi Presidium Relawan Agus-Sylvi for Anies-Sandi di Utan Kayu Utara, Jakarta Timur. Sore harinya, Anies akan menutup agendanya dengan menghadiri pembekalan relawan OK OCE tahap III di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan.