Jakarta > Pemerintahan

Juni, Enam Kereta LRT Jakarta Dijadwalkan Tiba di PTP

Kamis, 17 Mei 2018 17:04 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi LRT yang akan beroperasi di Kelapa Gading
Ilustrasi LRT yang akan beroperasi di Kelapa Gading
Foto : istimewa

Share this








Awalnya tiap bulannya ditargetkan ada dua kereta LRT Jakarta datang ke Tanah Air. Namun pada Juni mendatang, dijadwalkan ada enam LRT yang tiba di PTP.

JAKARTA - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Satya Heragandhi mengatakan akan ada tambahan rolling stock kereta dalam waktu dekat.

Rolling stock kita ada berita menarik, jadi kan Mei ini harusnya kita cuma dapet dua kereta. Tapi, ternyata yang kemarin siap untuk dikirim itu lebih dari dua,” ungkap Satya di Balai Kota, Jakarta, Kamis (17/5/2018). 

Perubahan ini disampaikan Satya setelah dilakukan pengetesan FAT (Factory Acceptance Test). Tes ini dilakukan di tempat pembuatan di negara asalnya, Korea Selatan. Dalam tes ini disampaikan ternyata kereta yang siap dikirim lebiu dari jumlah seharusnya, tapi justru enam kereta sekaligus dalam sekali kirim. 

“Nah, saya bilang sekalian aja daripada bulan ini dua kereta, terus bulan depan lagi empat kereta. Jadi, enam-enamnya nanti akan dikirim langsung,” kata Satya. 

Satya sendiri menargetkan ke-6 rolling stok ini akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) pada awal Juni mendatang. Namun, disampaikan dia kedatangan kereta masih belum bisa dipastikan akan sampai secara keseluruhan dalam satu kapal atau tidak, serta melihat kondisi cuaca. 

“Tergantung dari jadwal kapal, karena ini kan mendekati lebaran ini kan dapetin kapal biasanya agak susah. Tapi bulan Juni kita pasti akan dapat tambahan sekitar enam kereta,” tambahnya.

Sebagai informasi, sebelumnya dua gerbong kereta LRT sudah sampai di Jakarta pada 14 April lalu. Pada tahap awal, Jakpro membeli sebanyak delapan set Light Rail Vehicle (LRV) atau sebanyak 16 gerbong kereta di mana satu LRV terdiri dari dua gerbong kereta.