Jakarta > Pemerintahan

JPO Mau Dipasang Lift, "Masuk Akal Enggak?"

Jumat, 10 November 2017 13:52 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

JPO
JPO di Jakarta.
Foto : istimewa

Share this








Pemasangan lift bisa dilakukan paling di lokasi JPO yang terhubung dengan angkutan massal. Ini yang diprioritaskan.

JAKARTA - Dinas Bina Marga mengomentari rencana pemasangan lift di semua Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di seluruh kawasan DKI Jakarta. Ide ini tidak mungkin dilakukan.

"Semua JPO yang ada 500 itu kita kasih lift saya balikin pertanyaan nya wajar nggak? Masuk akal enggak?" kata kepala dinas Bina Marga, Yusmada Faizal saat ditemui di Kawasan Monas Jakarta, Jumat (10/11/2017).

Meski begitu, Yusmada menyatakan bukan berarti pemasangan lift tidak bisa dilakukan. Itu bisa dilakukan paling di tempat-tempat prioritas yang terintegrasi dengan moda transportasi massal.

"Jadinya gimana.  Program itu tetap ada tapi kan perlu prioritas. Prioritasnya itu adalah JPO atau TPO yang menunjang angkutan massal.  Itu dulu. Yah yang penting JPO sekarang yang existing ini pemeliharaan nya dulu yah. Kita pastikan berfungsi," bebernya.

Seperti diketahui, sebelumnya wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Muhammad Taufik menyoroti JPO yang tidak ramah disabilitas. Terkait itu, ia menyarankan Bina Marga selaku SKPD yang menangani masalah JPO agar bisa memasang lift untuk masyarakat terutama penyandang disabilitas.

"Iya kitakan bicara di daerah tertentu, untuk disabilitas itu harus make lift kan, karena naik itu dia enggak mungkin," kata Taufik di Balaikota, Jakarta, Kamis (9/11/2017).