Jakarta > Pemerintahan

Jangan Bercita-Cita Jadi Pejabat, Inilah Pesan Menteri Basuki

Sabtu, 08 September 2018 12:36 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : R Maulana Yusuf

Menteri Basuki
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kunjungan Siswa/Siswi SD dan SMP Putra 1 Terpadu Kalimalang.
Foto : istimewa

Share this








Menteri Basuki berpesan kepada para siswa SD dan SMP Putra 1 Terpadu Kalimalang. Jangan bercita-cita menjadi pejabat. Yang penting, memiliki keahlian.

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kunjungan Siswa/Siswi SD dan SMP Putra 1 Terpadu Kalimalang dalam acara Goes To Campus PUPR bersama Dharma Wanita Persatuan Kementerian PUPR, di ruang kerjanya, Jakarta, Kamis, (6/9/18).

Menteri Basuki didampingi Penasehat Dharma Wanita Persatuan Ibu Kartika Basuki, Ketua DWP Persatuan Kementerian PUPR Erna Danis dan sejumlah pengurus lainnya menerima sebanyak 50 siswa SD kelas 4 dan siswa SMP kelas 7 & 8 di ruang kerjanya. Kepada para siswa, Menteri Basuki memberikan semangat untuk mencapai apa yang menjadi cita-citanya. 

"Ketika adik-adik siswa/siswi memiliki cita-cita besar yang ingin terwujud, harus bisa mendalami keahlian yang dimiliki. Jangan tanggung-tanggung dalam mendalaminya dan jangan lupa untuk beribadah maupun berdoa," ujar Menteri Basuki.

Menteri Basuki mencontohkan seorang ahli profesional yang bekerja pada bidangnya seperti atlit yang berlatih keras sehingga meraih medali pada perhelatan Asian Games 2018 lalu. Semua dilakukan dengan penuh kesungguhan hingga bisa mendapatkan yang ditargetkan. 

Namun, Menteri Basuki menyarankan kepada para siswa untuk tidak bercita-cita sebagai pejabat. 

"Janganlah bercita-cita menjadi pejabat, karena semua itu adalah urusan Tuhan. Yang penting memiliki kemampuan untuk belajar dengan baik agar menguasai kepintaran terhadap setiap keahlian, keutamaannya ialah memiliki bekal akhlak yang baik," kata Menteri Basuki yang telah bekerja di Kementerian PUPR selama 37 tahun. 

Dengan jabatan yang dimikinya saat ini dirinya bukanlah seorang bos, melainkan seorang yang berkemauan dalam bekerja. 

Setelah mengunjungi ruang kerja Menteri basuki, para Siswa/Siswi  SD dan SMP Putra 1 Terpadu Kalimalang juga diajak mengelilingi lingkungan Kampus Kementerian PUPR dan mengunjungi Perpustakaan Kementerian PUPR.

Di perpustakaan Kementerian PUPR, para siswa mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan beberapa video disertai penjelasan dari Kepala Badan Pengembangan SDM Lolly Martina Martief dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja mengenai infrastruktur apa saja yang telah, sedang dan akan dibangun oleh Kementerian PUPR untuk kesejahteraan bangsa, seperti pembangunan bendungan, jalan perbatasan, jembatan gantung, dan rumah nelayan.

Ketika ditanya kalau besar nanti para siswa SD/SMP ingin jadi apa, banyak yang mengacung ingin jadi dokter, sementara hanya 8 orang yang ingin jadi insinyur.