Jakarta > Pemerintahan

Inilah Catatan Penting yang Harus Selesai Jelang Asian Games.

Minggu, 08 Juli 2018 11:08 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : R Maulana Yusuf

menteri Basuki
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pekerjaan penataan jalan dan trotoar Jalan Jenderal Sudirman.
Foto : istimewa

Share this








Menteri Basuki menilai ada sejumlah catatan penting yang harus segera diselesaikan sebelum perhelatan Asian Games 2018.

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berjalan kaki sejauh 3 kilometer dari Patung Pemuda Senayan hingga Hotel La Meridien. Ini dilakukannya untuk meninjau pekerjaan penataan jalan dan trotoar Jalan Jenderal Sudirman sebagai kesiapan menyambut Asian Games pada 18 Agustus 2018.

“Kita lihat dari Senayan sampai sini (Hotel La Meridien), prioritasnya jalan harus sudah lurus semua tidak ada yang belok-belok lagi. Nantinya lebar jalan 18,5 meter, lebar trotoar 9 meter dilengkapi taman selebar 3,4 meter. Kita prioritaskan jalan sudah selesai 100 persen tanggal 21 Juli 2018 dan tanggal 31 Juli akan dihentikan semua. Semuanya sudah bersih dan rapih, tidak ada lagi barrier (pembatas jalan) karena tamu Asian Games mulai sudah datang,” kata Menteri Basuki, Jumat (6/7/2018).

Pekerjaan penataan jalan dan trotoar memang inisiasi dari Pemprov DKI dan PT MRT Jakarta. Namun, Menteri yang juga Ketua Pelaksana Bidang Sarana dan Prasarana Asian Games ke-18 mengatakan turut bertanggung jawab. Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga telah berkordinasi dengan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta 

"Saya koordinasikan dengan Gubernur DKI Jakarta dan Dinas Bina Marga. Semuanya penataan kawasan Sudirman dengan total panjang 6,9 km dari Senayan hingga Bundaran HI diharapkan bisa selesai tanggal 31 Juli 2018,” kata Menteri Basuki. 

Terdapat beberapa catatan penting yang harus diselesaikan jelang Asian Games. “Saya lihat pagar Hotel Sultan dapat dirapihkan, agar seiring dengan trotoar yang sudah rapih. Saya sudah telepon manajernya dan bersedia merapihkan pagar Hotel Sultan di sisi Sudirman," ujarnya.

Pagar dan jalur trotoar eksisting di Jembatan Semanggi juga dirapihkan dan dicat lagi sehingga semakin memperindah penataan kawasan tersebut. "Pada saat peresmian Jembatan Semanggi 17 agustus tahun lalu, kita mau ganti pagarnya tapi waktu itu belum bisa dilakukan karena masih dalam tahapan mock up," ujarnya.

Untuk venue serta fasilitas pendukung di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Menteri Basuki menyatakan akan rampung seluruhnya pada Juli 2018. Untuk venue, hanya venue squash ‎yang masih dalam penyelesaian dan ditargetkan rampung pada 12 Juli 2018.

“Di Provinsi Jawa Barat, yang belum selesai hanya Jalan Akses Venue Paralayang di kawasan Puncak Bogor. Kami targetkan dalam 2 hari ini sudah selesai. Selebihnya insya Allah sudah siap," tegasnya.