Jakarta > Pemerintahan

Ini Syarat dari Anies Buat Pendatang Baru di Jakarta

Kamis, 21 Juni 2018 15:15 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Yatti Febriningsih

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Foto : Adi Wijaya

Share this








Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan syarat bagi pendatang yang ingin tinggal di Kota Jakarta. Apa saja syarat itu?

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara terang-terangan mengaku tidak melarang pendatang baru ke Jakarta usai libur Lebaran. Kendati begitu, Anies tetap menerapkan sederet syarat bagi masyarakat yang ingin datang ke Jakarta.

Syarat pertama yang diajukan Anies, setiap orang yang ingin datang ke Jakarta harus memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebelum masuk ke Jakarta.

Dengan JKN, kata Anies, jika mereka ada masalah kesehatan, tidak menjadi masalah dalam penanganannya. Sebab sering kali banyak warga datang ke sebuah tempat tanpa ada jaminan kesehatan.

“Tanpa keikutsertaan di JKN, ketika ada masalah kesehatan maka mengalami kerepotan," ujar Anies di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (21/6/2018).

Syarat kedua, Anies ingin warga dari daerah lain sudah mendapatkan vaksin yang lengkap ketika masuk Jakarta. Dengan demikian, kedatangannya ke Jakarta tidak akan menimbulkan masalah baru di Provinsi DKI Jakarta khususnya.

“Vaksin itu dibereskan. Sehingga kedatangannya kalau pun nanti ada masalah tidak memberikan kontribusi problem ke daerah baru," katanya.

Selain itu, Anies juga mengingatkan agar para pendatang mengikuti ketentuan administrasi yang berlaku. Aturan kependudukan mengatur orang yang datang atau pendatang harus wajib lapor 1 x 24 jam kepada RT setempat  “Jadi ikuti semua aturan yang ada," pinta Anies.

Anies memastikan pihaknya sama sekali tidak melarang pendatang daerah untuk datang dan bekerja di Jakarta.

“Kita berharap bahwa pembangunan perekonomian itu bisa di mana saja tidak harus di Jakarta tapi, di banyak tempat,” imbuhnya.