Jakarta > Pemerintahan

Info Komuter

DPRD DKI Dukung MRT Jakarta Buat UU Aturan Ruang Bawah Tanah

Rabu, 06 Desember 2017 15:28 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih

rapat balai kota
Pemerintah sedang menggodok aturan tentang pemanfaatan ruang bawah tanah.
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








DPRD DKI menilai UU terkait aturan ruang bawah tanah memang harus segera disiapkan.

JAKARTA - Usulan PT Mass Rappid Transit (MRT) Jakarta untuk membuat Undang-Undang terkait penggunaan ruang bawah tanah mendapat sambutan baik, antara lain dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Muhammad Taufik.

"Saya kira memang ruang bawah tanah kita di Jakarta perlu diatur dan ada aturannya. Kalau enggak ada aturannya maka kerugian juga buat DKI, karenanya DPRD memasukan ketentuan atau Raperda tentang pemanfaatan ruang bawah tanah dalam propemperda 2018," ungkap Taufik di Balai kota, Jakarta, Rabu  (6/12/2017).

Terlebih, lanjut dia, banyak gedung-gedung di Jakarta merugikan pemerintah saat ini. Itu sebabnya, politisi Gerindra ini berharap agar cepat segera terealisasi.

"Kita minta segera Pemda (Pemerintah Daerah) melengkapi naskah akademisnya ke kita di Bapemperda. Kita rugi loh, sekarang basement gedung-gedung di Jakarta ada berapa lantai tuh? Bisa tiga sampai empat dan itu enggak diatur. Enggak ada pemasukan buat pemda," katanya.

"Kalau di luar negeri, ruang bawah tanah sudah menjadi ruang interaksi masyarakat dan ketika ada interaksi maka akan ada berbagai macam kebutuhan. Sesuai dengan pernyataan pak wagub bahwa pemberdayaan UMKM dapat dilaksanakan di ruang bawah tanah itu. Dan saya kira perlu ya," tukasnya.