Jakarta > Pemerintahan

DKI Jakarta Kembali Kekurangan Blanko E KTP

Jumat, 10 Agustus 2018 16:09 WIB
Editor : Fauzi | Reporter : Adi Wijaya

Ilustrasi E KTP
Ilustrasi E KTP.
Foto : Yusuf Bachtiar

Share this








Jumlah Blanko E KTP yang dialokasikan untuk DKI Jakarta, tidak sebanding dengan jumlah penduduk. Deadline perekaman data E KTP akhir Agustus 2018.

GROGOLPETAMBURAN – Proses pencetakan E KTP untuk warga Ibukota kembali terhambat, lantaran kurangnya blangko E KTP, dimana jumlah penduduk DKI Jakarta lebih banyak dari blanko yang tersedia.

Kadisdukcapil DKI Jakarta Dhany Sukma, membenarkan kekurangan ketersediaan blanko. Padahal, Kementerian Dalam Negeri sendiri menetapkan deadline perekaman data E KTP kepada Pemprov DKI Jakarta jatuh akhir bulan nanti. "Jumlah yang belum mendapatkan e-KTP dan ketersedian blanko tidak sesuai," kata Dhany saat ditemui di kantor Disdukcapil DKI Jakarta, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (10/8).

Dijelaskannya, Pemprov DKI hanya diberi jatah sebanyak 12 ribu blangko setiap bulan Sedangkan jumlah perekam data E KTP mencapai sekitar 5.000 warga setiap pekannya.  "Tercatat hingga saat ini ada 230 ribu warga DKI yang belum memiliki KTP," jelasnya.

Meski begitu, dia optimis akan menyelesaikan e-KTP sesuai tenggat waktu yang diberikan. Perekaman terus dilakukan pada tingkat kelurahan. "Kami informasikan melalui spanduk. Jangan sampai nantinya akan ketika menjelang hari H (Pilpres dan Pileg), malah baru ngerekam dan ambil KTP,” tutupnya.

Diketahui, Kementerian Dalam Negeri tengah menyeragamkan kepemilikan e-KTP pada seluruh masyarakat Indonesia, termasuk di DKI Jakarta, kendati permasalahan kurangnya Blanko E KTP ini terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.