Rabu, 14 Maret 2018 16:08:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Yatti Febriningsih
Dirut MRT Bongkar Pemasangan Rel di Media Sosial
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa
 

JAKARTA - Pengerjaan proyek Mass Rappid Transit (MRT) Jakarta mulai memasuki proses pemasangan rel. Uniknya, Direktur Utama PT MRJ Jakarta, William P. Sabandar memaparkan proses pemasangan rel itu di media sosial pribadinya. 

Dalam postingannya, William mengunggah foto-foto pemasangan rel yang tengah berlangsung. Di sana, dia memaparkan secara rinci bagaimana proses pemasangan rel tersebut berlangsung. 

“Tidak banyak yang tahu bagaimana rel-rel kereta MRT Jakarta dipasang dan disambungkan satu sama lain untuk mendapatkan kualitas rel kereta yang prima dan memungkinkan kereta berjalan diatas rel dengan nyaman tampa ganguan  sambungan rel,” tulis William dalam captionnya, Rabu (14/3/2018). 

William mengatakan, dalam proses penyambungan segmen rel kereta dilakukan dengan metode thermite welding. Proses ini merupakan kegiatan penggelasan antara dua batang rel melalui suatu reaksi kimia dengan menggunakan Thermite (besi oksigen dengan bubuk aluminium).

“Jika seluruh proses ini dilakukan dengan quality assurance dan kontrol yang tinggi, maka akan dihasilkan sambungan rel yang berkualitas baik dan nyaman bagi pergerakan kereta dan rodanya. Ini yang sedang dilakukan oleh teman-teman MRT Jakarta,” lanjutnya. 

Berikut langkah-langkah pemasangan rel MRT Jakarta :

  1. Dilakukan pembersihan tungku terlebih dahulu dan dua batang rel yang yang akan disambungkan. 
  2. Dilakukan pengukuran dari semua sisi agar rata, jika tidak akan menimbulkan kerusakan pada rel dan berdampak kepada roda nantinya. 
  3. Pemasangan mold atau cetakan dan pasta agar dimensi sesuai dengan yang diinginkan  dan tidak bocor. 
  4. Alat disiapkan (tungku) sesuai posisi dan bahan thermite dimasukkan ke dalam tungku. Posisi yang akan di welding, dipanaskan dengan suhu 950-1.100 derajat celcius. 
  5. Lalu tungku yang sudah dimasukkan ke Thermite diberi api agar masak (proses pembakaran kimia di dalam tungku), lalu akan keluar dari bawah dan mengisi mold/cetakan tersebut. 
  6. Setelah kurang lebih 10 menit lalu mold dipotong dengan gergaji dan disisakan sedikit untuk dipotong dengan sheares machine 
  7. Pengerindaan dengan alat MP 12 untuk perataan permukaan rel yang sama. 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda