Jakarta > Pemerintahan

Debat Cagub dan Cawagub DKI Bisa Jadi Referensi untuk Warga

Senin, 09 Januari 2017 15:28 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Muhammad Azzam

Ketua KPU DKI Sumarno
Ketua KPU DKI Sumarno

Share this





Debat berlangsung selama 3 kali, yakni pada 13 Januari 2017, 27 Januari 2017, dan 10 Februari 2017.

JAKARTA  - KPU DKI Jakarta akan menggelar debat calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang akan bertarung di Pikada DKI Jakarta 2017. Gelaran akan dilakukan 3 kali dan disiarkan langsung oleh beberapa stasiun televisi.

Ketua KPU DKI Sumarno berharap ajang tersebut dapat membuat masyarakat lebih mudah menentukan pilihan pada 15 Februari mendatang.

“Mereka bisa menilai. Bagaimana visi misi para cagub dan cawagub nanti. Nanti terlihat bagaimana kapasitasnya, leadershipnya dan segala macam lainnya,” kata Ketua KPU DKI Sumarno saat dihubungi infonitas.com, Senin (9/1/2017).

Debat pertama digelar pada Jumat kemarin di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Ada 4 orang panelis yang ditunjuk menyusun pertanyaan seputar isu sosial dan ekonomi.

Debat kedua berlangsung pada 27 Januari 2017 dan debat ketiga pada 10 Februari 2017. “KPU DKI telah menyusun tema yang berbeda pada setiap debat, selain itu panelis yang dihadirkan pun berbeda-beda,” pungkasnya.

 

 

Jakarta > Pemerintahan

Banjir Jakarta Sejak 1872

Selasa, 21 Februari 2017 14:19 WIB
Editor : Hanafie | Sumber : kompas.com

Banjir di HI
Banjir di HI

Share this





Banjir di Jakarta, ternyata terjadi sejak tahun 1872. Inilah sejumlah peristiwa banjir terparah di Jakarta.

JAKARTA - Banjir di Jakarta tak bisa disangkal bahwa persoalan banjir dan genangan sudah menjadi serupa mitos keabadian. Misalnya, ada sejumlah bencana besar terkait urusan air ini setidaknya sejak 1872.

1872. Banjir besar gara-gara hujan turun dengan curah 286 milimeter, menyebabkan Ciliwung meluap, pintu air di depan lokasi yang sekarang menjadi masjid Istiqlal jebol. Kota Tua terendam, mulai dari kawasan Harmoni.

1977. Ini banjir terbesar setelah 1872. Banjir merendam sebagian wilayah Jakarta dengan ketinggian rata-rata 70 sentimeter (cm), bahkan di Karet, Guntur, dan Taman Mini sampai tiga meter. Kawasan Monas jadi kolam raksasa.

1994. Hujan tiga hari sejak 6 Januari 1994 memunculkan lagi banjir dan genangan berketinggian 20 cm hingga 1 meter. Di Pulogadung, air setinggi 1 meter menggenangi permukiman.

1996. Hujan turun sepekan pada Januari 1996. Ini pernah disebut sebagai banjir terburuk setelah 1980-an.

1999. Rasio debit Ciliwung sudah jauh dari angka ideal 1 meter kubik pada musim kemarau dan 40 meter kubik pada musim hujan (rasio 1:40). Rusaknya bantaran di sepanjang Ciliwung dari Bogor sampai Jakarta, membuat rasio debit Ciliwung menjadi 1:540.

2002. Banjir di Jakarta ditegaskan kembali sebagai akibat dari kesalahan tata ruang. Akibat banjir pada tahun ini, 365.000 penduduk mengungsi dan jatuh 21 korban jiwa.

2007. Pada 2007, banjir membuat sentra ekonomi tutup, lalu lintas terputus, dan sekolah diliburkan. Listrik mati dan ratusan penerbangan domestik maupun internasional batal. Selama empat hari, Jakarta lumpuh total. Korban tewas 60 orang akibat terseret arus air atau tersengat aliran listrik, 320.000 warga mengungsi, dan kerugian sampai Rp 4,3 triliun.

2013. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, tahun 2013 banjir melanda 720 RT, 73 kelurahan, dan 31 kecamatan dari total 44 kecamatan di DKI Jakarta. Kerugian ditaksir mencapai Rp 20 triliun.

2015. Banjir dan genangan masih berlimpah di 36 lokasi di Jakarta sampai menyebabkan perjalanan angkutan massal terganggu.

Jakarta > Pemerintahan

Banjir Jakarta

Waspada Hujan Disertai Petir

Selasa, 21 Februari 2017 12:10 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Nurul Julaikah

Hujan Petir
Hujan Petir

Share this





Warga Jabodetabek diharapkan waspada terhadap hujan yang melanda Ibukota hari ini, sebab parkiraan BMKG akan terjadi hujan disertai kilat pada dini hari.

JAKARTA – Hujan yang melanda Ibukota akhir-akhir ini menyebakan terjadi banjir dimana-mana. Untuk warga Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi harus waspada terhadap hujan dengan intesitas tinggi disertai kilat atau petir.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosifika diperkirakan hujan ringan dan sedang berpotensi mengguyur Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bogor.

Sedangkan, antara siang dan sore hari berpotensi hujan ringan di Kepulauanb Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang, dan Bekasi, sementara potensi hujan sedang di Jakbar, Depok, dan Bogor

Untuk Malam hari berpotensi hujan ringan di Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Depok, Bogor, dan Bekasi. Sedangkan untuk dini hari berpotensi hujan ringan di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Tangerang, Depok, Bekasi dan Bogor.

Diharpkan warga Jabodetabek diharapkan waspada terhadap potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bogor antara pagi, siang, sore, dan dini hari.

Jakarta > Pemerintahan

Ini Cara Ikut Tanya Jawab Presiden Jokowi Lewat Facebook dan Youtube

Sabtu, 18 Februari 2017 13:27 WIB
Editor : Waritsa Asri | Sumber : Kompas.com

Istimewa
Istimewa

Share this





Masyarakat diajak oleh Presiden Jokowi untuk ikut serta dalam sesi tanya jawab secara langsung lewat akun facebook dan youtube pribadinya dengan mendaftar.

JAKARTA - Tak mudah bisa bertemu dengan Presiden Republik Indonesia. Masyarakat hanya bisa melihat dari layar kaca atau saat daerahnya dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saja. Akan tetapi, seiring perkembangan jaman dan tingginya minat masyarakat setiap Presiden Jokowi memposting di akun media sosialnya mulai dari Facebook, Twitter hingga Youtube.

Akhirnya, Presiden Jokowi memberikan kesempatan bagi setiap rakyat Indonesia dengan umur tertentu untuk bertanya. Nantinya, pertanyaan yang masuk langsung dijawab Jokowi lewat video.

Informasi soal dibukanya sesi pertanyaan itu diunggah langsung di akun resmi Presiden Joko Widodo di Facebook

"Ayo bertanya ke Presiden!" begitu caption postingan dari akun yang sudah memiliki centang biru, pertanda akun verified.

Akun tersebut juga melampirkan sebuah gambar, yang berisikan persyaratan dan tata cara pengajuan pertanyaan untuk Jokowi.

Salah satu persyaratan untuk berpartisipasi dalam sesi adalah umur si penanya. Peserta harus berusia antara 13 hingga 20 tahun.  

Pertanyaan harus dibuat dalam bentuk video dan diunggah ke YouTube. Di bagian awal video, peserta harus menyertakan nama dan juga umur.

Video pertanyaan tidak boleh berdurasi lebih dari 30 detik. Dalam satu video, hanya berisikan satu pertanyaan. Tema pertanyaan sendiri dibebaskan alias peserta boleh bertanya apa saja.

Kemudian, tautan dari video pertanyaan di YouTube tersebut harus dikirimkan ke Facebook Page Presiden Joko Widodo yang ada di tautan berikut ini. Peserta diharuskan untuk menyertakan tanda pagar (tagar) #JokowiMenjawab.

Pengiriman video dibatasi tanggalnya, yakni mulai 18 Februari 2017 dan ditutup pada 25 Februari 2017.

Jakarta > Pemerintahan

G99 Ungkap Kebobrokan Transportasi Online

Sabtu, 18 Februari 2017 11:35 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi Gojek
Ilustrasi Gojek

Share this





Transportasi berbasis online yang tengah digandrungi masyarakat ternyata memiliki banyak kekurangan. Hal itu, diungkap langsung oleh asosiasi pemerhati mod

JAKARTA - Transportasi berbasis online saat ini berkembang pesat di masyarakat. Akan tetapi, Asosiasi pemerhati moda transportasi berbasis online yang tergabung dalam G99 mengungkap kebobrokan sistem yang ada di dalamnya.

"Aksi demo transportasi online besar itu pertama kali tanggal 16 November 2015. Saat itu Go-Jek punya tarif Rp.4.000/Km turun menjadi Rp.3000/Km dan sekarang Rp.2.500/Km. Ini memang sudah kami prediksikan akan turun terus dan memang benar," kata Fitryjansyah Toisuta, Ketua Umum G99 Indonesia, Jumat, (17/2/2017).

Lebih lanjut Toisuta mengungkapkan adanya ketidakadilan yang dilakukan oleh manajemen transportasi online, salah satunya seperti pemberhentian kerja sepihak. Parahnya lagi, para driver tidak mendapatkan kejelasan terkait alasan pemberhentian tersebut.

"Perekrutan Go-Jek tahun 2015 se-Jabodetabek itu sekitar 200.000 driver. Nah sejak itu terus terjadi suspend.
Mereka pernah bikin suspend massal sekitar 1.000-1.500 orang sekitar November 2015 - Februari 2016. Sampai hari ini, se-Indonesia tuh diprediksi sekitar 20.000-50.000 yang tersuspend untuk Go-jek. Belum termaksud transportasi online lainnnya," tambahnya

Baru-baru ini juga PT. Go-jek Indonesia dilaporkan eks Drivernya sendiri karena masalah suspend yang dilakukan pihak manajemen. Selain soal pemberhentian sepihak, PT Go-Jek Indonesia dituding mengambil hak-hak yang seharusnya didapatkan para driver yang tersuspend.

"Para Driver yang tersuspend ini tidak bisa mengambil yang deposit yang di tahan oleh pihak Go-Jek. Parahnya lagi, Temen-temen ini kan kredit nih, kredit hp, Jaket dan lainnya itu di ambil semua saat tersuspend," imbuhnya.
 

Jakarta > Pemerintahan

Ketua Transportasi Online Minta Presiden Regulasi Bekraf Kembali.

Sabtu, 18 Februari 2017 11:08 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi Gojek
Ilustrasi Gojek

Share this





Keberadaan Bekraf kembali dipertanyakan untuk ketidakadilan yang tengah dihadapi oleh para pengendara ojek online dari Go-Jek

JAKARTA - Peraturan Presiden No 6 tahun 2015 tentang Badan Ekonomi kreatif  (Bekraf) tentang pemberdayaan bisnis start up, dipertanyakan pelaksaannya oleh ketua transportasi berbasis online. Ia mengganggap pelaksanaan dalam peraturan ini tidak sesuai dengan harapan  masyarakat.

"Transportasi online juga merupakan salah satu bagian dari Ekonomi Kreatif yang diangkat oleh Presiden Joko Widodo. Bagaimana agar anak bangsa bisa membuat ekonomi yang baru, cuma prakteknya sejauh ini bagaimana itu juga harus diperhatikan," ujar ketua G99, fitryjansyah toisutta, Jakarta, Jumat,  (17/2/2017).

Hal ini dipicu mencuatnya kasus ketidakadilan yang diduga dilakukan oleh PT Go-Jek Indonesia. Lantaran adanya pemutusan kerja secara sepihak serta penahan upah depost milik driver yang merugikan drivernya.

"Ini kalau Jokowi dan pemerintah stake holder diam. Mereka akan bikin manusia ini tidak manusiawi karena UMR tiap tahun naik sedangkan apapun yang berhubungan dengan transportasi online itu naik juga seperti paket pulsa, bensin dll. Belum lagi adanya ketidakadilan seperti ini," lanjutnya.

Dengan adanya masalah ini, toisutta berharap pemerintah bisa lebih memperhatikan jalannya Badan Ekonomi Kreatif, khususnya untuk trasportasi berbasis online.

"Jadinya lihat Ekonomi kreatif ini kacau balau. Dari gojek inilah kita ambil, jadi semua nanti bisa kita revormasi untuk transportasi online lainnya. Dan yang penting regulasi pemerintah tolonglah diperbaiki, ini tidak sedikit orang loh yang jadi korban," imbuhnya.

Sebelumnya, Sebelumnya, KB, seorang direksi PT Go-Jek Indonesia, dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penggelapan oleh Rosikin, seorang driver Go-Jek. Pelaporan ini menyusul akibat suspend terhadap akun Rosikin, sehingga dia tidak dapat mengambil saldo di akunnya tersebut.

Rosikin sebagai pihak yang merasa dirugikan menjelaskan akunnya ter-suspend sejak 23 Januari lalu. Sejauh ini, Rosikin mengaku belum mendapat penjelasan dari pihak Go-Jek.

"Mengenai alasan kenapa ter-suspend, tidak ada penjelasan dari pihak PT Go-Jek. Uang yang di akun tidak bisa diambil, uang saya sendiri di akun ada Rp 4,1 juta. Saya ke kantor bolak-balik tidak ada penjelasan sama sekali, hanya bilang sistem, sistem, dan sistem," jelas Rosikin. Ia sudah berulang kali meminta saldonya dikembalikan. "Namun disebut itu sistem sehingga uang di akun hilang," imbuhnya.

Jakarta > Pemerintahan

Secara Bertahap Truk Sampah di DKI Akan Diganti

Jumat, 17 Februari 2017 19:46 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Wildan Kusuma

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji

Share this





Secara bertahap truk sampah di Jakarta dari model tiper atau dump truk (truk terbuka) akan beralih menggunakan truk sampah jenis compactor yang tertutup.

JAKARTA – Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, pihaknya akan mengganti semua jenis truk sampah di Ibu Kota. Selama ini, mayoritas truk sampah di Jakarta model truk terbuka dan akan diganti ke jenis truk compactor atau truk sampah jenis tertutup.

"Secara bertahap truk sampah di Jakarta dari model tiper atau dump truk (truk terbuka) akan beralih menggunakan truk sampah jenis compactor yang tertutup. Seperti kota-kota besar dunia," ujar Iswana Adji di Balai Kota, Jumat (17/2/2017).

Namun, Isnawa memastikan jenis truk sampah terbuka saat ini kondisinya masih layak operasi, truks tersebut saat ini mulai dipinjampakaikan ke sejumlah wilayah tetangga Jakarta.

Seperti diketahui, Pemprov meminjamkan 50 truk sampah ke wilayah penyangga Jakarta yaitu, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bogor.

Jakarta > Pemerintahan

Djarot Klaim Banjir di Jakarta Jauh Berkurang

Jumat, 17 Februari 2017 17:17 WIB
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS

Djarot Saiful Hidayat.
Djarot Saiful Hidayat.

Share this





Banjir di Jakarta berkurang karena pembuatan sumur resapan yang dinilai cukup efektif meminimalisir banjir.

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saoful Hidayat mengklaim banjir di Jakarta saat ini sudah jauh berkurang. Hal itu tak lepas karena pembuatan sumur resapan yang dinilai cukup efektif dalam meminimalisir banjir.

Oleh karena itu, kata Djarot, pihaknya akan memperbanyak sumur resapan atau lubang biopori di sejumlah wilayah, terutama wilayah rawan banjir.

“Banjir sudah jauh berkurang karena upaya-upaya untuk mengatasinya terus dilakukan. Pembuatan sumur resapan sudah lama dilakukan. Tapi, memang masih perlu waktu untuk mencapai jumlah ideal," kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Djarot melanjutkan, saat ini terjadi cuaca ekstrem yang mengakibatkan sejumlah wilayah di Tanah Air banjir. Namun, berkat upaya yang dilakukan Pemprov DKI, upaya penanganan banjir membuahkan hasil yang cukup baik. "Normalisasi kali dan pembuatan embung serta waduk juga terus dilakukan," tandasnya.

Jakarta > Pemerintahan

Truk Sampah yang Dipinjamkan Pemprov DKI Jenis Compactor

Jumat, 17 Februari 2017 15:24 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Wildan Kusuma

Truk Sampah Compactor
Truk Sampah Compactor

Share this





Truk sampah jenis compactor merupakan truk sampah ramah lingkungan yang dilengkapi sistem pemadatan dan tertutup.

GAMBIR – Kepala Seksi Prasarana dan Sarana Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, jenis kendaraan berat yang dipinjamkan truk sampah ke daerah penyangga Ibu Kota yaitu model Compactor tertutup.

Dia menjelaskan, secara teknis truk sampah jenis compactor merupakan truk sampah ramah lingkungan yang dilengkapi sistem pemadatan dan tertutup. "Bau sampah dan air sampah tidak akan keluar dan mencemari lingkungan selama perjalanan," ujar Hari Nugroho di Balai Kota Pemprov DKI Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Seperti diketahui, Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta meminjampakaikan 20 truk sampah ke wilayah penyangga Ibu Kota, yakni Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bogor.

Perjanjian pinjam pakai ini sesuai dengan ketentuan Permendagri 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah. Jangka waktunya 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang 1 (satu) kali. Selama masa pinjam pakai, peminjam dapat mengoperasikannya dan melakukan perawatan atas truk sampah tersebut.

Jakarta > Pemerintahan

Pemprov DKI Pinjamkan 20 Truk Sampah ke Daerah Penyangga

Jumat, 17 Februari 2017 15:14 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Wildan Kusuma

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Isnawa Adjie
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Isnawa Adjie

Share this





Peminjaman truk sampah diharapkan agar Pemprov DKI bisa membangun kerja sama yang baik mengenai pengelolaan sampah.

GAMBIR – Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meminjamkan puluhan truk sampah ke daerah penyangga Ibu Kota, seperti Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor.

"Hari ini kami pinjampakaikan 20 unit truk sampah tahun pengadaan 2013 yang kondisinya sangat baik dan sangat layak operasi. Rinciannya 10 unit untuk Kota Depok, 5 unit untuk Kota Bekasi dan 5 unit untuk Kabupaten Bogor," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta di Balai Kota DKI, Jumat (17/2/2017).

Isnawa menjelaskan, pihaknya sudah beberapa kali memberikan truk sampah ke daerah yang dekat dengan Jakarta. Harapannya agar Pemprov DKI bisa membangun kerja sama yang baik mengenai pengelolaan sampah.

"Tahun lalu, kami juga sudah pinjampakaikan 50 unit truk sampah untuk Kota Bekasi. Kerja sama yang baik dengan daerah penyangga Ibukota akan menjamin pengelolaan sampah di Ibukota dan sekitarnya semakin baik," kata Adji.

Jakarta > Pemerintahan

Himbauan Tokoh Ini untuk Pilkada Damai

Jumat, 17 Februari 2017 13:39 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : M Nashrudin Albaany

Waketum ICMI Priyo Budi Santoso (tengah) saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (17/2/2017). (Baany)
Waketum ICMI Priyo Budi Santoso (tengah) saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (17/2/2017). (Baany)

Share this





Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Priyo Budi Santoso sebut Pilkada jangan mempengaruhi persatuan bangsa.

MENTENG - Menyikapi hasil Pilkada 2017 serentak yang di gelar di 101 daerah di Indonesia, Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Priyo Budi Santoso, meminta agar masyarakat tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa dan tak terpecah belah hanya karena Pilkada. 

"Tetap kedepankan asas politik yang santun, jujur dan bermartabat. Apa pun hasilnya Pilkada, harus diterima dengan lapang dada oleh semua pihak. Baik paslon yang masuk putaran dua, maupun yang tersingkir, termasuk juga para pendukungnya," kata Priyo di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2017) sore.

Dia menekankan, dalam mendulang suara dari putaran berikutnya, harus dilakukan dengan cara-cara simpatik, demokratis dan elegan. Hal tersebut tak hanya berlaku di DKI Jakarta, melainkan di seratus wilayah tempat terselenggaranya pemilihan kepala daerah.

Apalagi, kata dia, Pilkada ini sebagai bukti memilih pemimpin secara demokrasi yang disenangi masyarakat.

"Yang harus dipahami dalam setiap kompetisi, akan selalu ada pihak yang kalah dan menang. Jadi, jangan terlalu berlebihan menyikapi hasil Pilkada ini. Terlebih dengan sikap yang bisa mengancam persatuan bangsa," tegasnya. 

Priyo berharap, persaingan di dalam Pilkada serentak 2017 ini jangan sampai mengganggu kerukunan antar umat beragama dan juga antar etnis. Sebab, menurut dia, yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia sebagai bangsa yang majemuk.

"Agar proses Pilkada tetap jujur, maka kita semua punya kewajiban untuk mengawal dan mengawasi jalannya Pilkada agar berjalan bersih dan bebas dari money politic dan kecurangan," katanya.

Menurut dia, jika memang ditemukan indikasi adanya kecurangan oleh pihak manapun maka silahkan dilaporkan kepada pihak yang berwenang seperti KPU dan Bawaslu agar ditindaklanjuti. Tentu saja, laporan itu harus disertakan dengan bukti-bukti kuat yang bisa dipertanggungjawabkan.

"Jangan bertindak sendiri, apalagi sampai mengeluarkan ujaran kebencian dan melakukan tindakan yang berpotensi memecah belah masyarakat termasuk umat beragama di Tanah Air," kata dia.