Jakarta > Pemerintahan

Budi Kaliwono: Transjakarta Targetkan 1 Juta Penumpang

Rabu, 05 September 2018 14:51 WIB
Editor : Fauzi | Reporter : Yatti Febriningsih

Budi Kaliwono
Dirut PT Transjakarta Budi Kaliwono bersama Gubernur DKI Jakarta Anies R. Baswedan
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Budi Kaliwono mengatakan, untuk menarik minat pengguna baru Transjakarta, harus terus ditingkatkan kualitas kenyamanan bus dan fasilitas pendukungnya.

JAKARTA – Dirut PT Transjakarta Budi Kaliwono mengklaim, selama gelaran Asian Games 2018 jumlah penumpang Transjakarta meningkat pesat dibanding sebelumnya. “Sampai saat ini ridership kita 650 ribu, sampai kemarin, Senin (3/9). Pas Asian Games mendekati  700 ribu,” ungkapnya, Selasa (4/9).

Lebih jauh ia menerangkan, penambahan signifikan tersebut berasal dari dua kawasan. Pertama, layanan di wilayah Sudirman atau outer. Kedua, layanan di dalam area Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) atau wilyah inner. “Nah itu dia yang kita ukur. Ada sebanyak 80 persen pelanggan naik. Di situlah pelanggan baru Transjakarta,” kata Budi. 

Selain lantaran adanya peraturan ganjil genap dan rute baru, peningkatan jumlah penumpang saat gelaran Asian Games juga lantaran fasilitas bus baru yang digunakan. “Ini potensi, kita punyak prospek konsumen yang sudah nyobain bus Transjakarta. Kebetulan baru, banyak disebut AC dingin, bus bagus,” paparnya.

Dalam gelaran Asian Games lalu, PT Transjakarta menambahkan 350 unit bus baru, sehingga ada 1.800 unit bus untuk mendukung Pesta Olahraga Negara Asia tersebut. Namun, dari 350 bus baru, hanya sekira 280-300 unit yang digunakan. Sementara 50 bus lainnya ditarik ke lapangan untuk operasional.

“Untuk menarik pelanggan baru, kualitas bus dan fasilitas yang disediakan juga harus baik, untuk mencapai target jumlah penumpang Transjakarta 1 juta orang pada akhir tahun 2018. Dengan pengalaman di Asian Games, kita harap masyarakat tidak ragu lagi menggunakan Transjakarta,” pungkas Budi Kaliwono.