-->
Jakarta > Pemerintahan

Begini Strategi Jasa Marga Sambut Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018

Kamis, 07 Juni 2018 13:38 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi arus mudik.
Ilustrasi arus mudik.
Foto : istimewa

Share this








Berbagai persiapan dan strategi telah disiapkan Jasa Marga dalam menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2018. Salah satunya menambah konsensi jalan tol.

JAKARTA - Jelang Lebaran 2018, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mematangkan segala persiapan dan strategi dalam mengawal pelaksanaan arus mudik dan balik. Terutama kesiapan dari sisi operasional.

“Sebagai nilai tambah pada tahun 2018 ini, Jasa Marga telah menambah konsesi jalan tol beroperasi dengan total panjang jalan 735 KM” ujar VP Coorporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru di Jakarta, Kamis (7/6/2018). 

Di luar jalan tol yang sudah dan siap beroperasi, pada tahun ini pula, Jasa Marga mengerahkan beberapa proyek jalan tol yang dijadikan jalan tol fungsional khusus pelaksanaan mudik Lebaran tahun 2018, dengan total panjang 207,85 Km. 

Sementara pelayanan transaksi, khusus untuk Lebaran tahun 2018, Jasa Marga telah menyiapkan 1163 titik gardu tol operasi. Peningkatan kapasitas transaksi dengan penambahan jumlah gardu operasi di beberapa Gerbang Tol (GT). Di antaranya GT Cengkareng, GT Cileunyi, GT Pasteur, GT Manyaran, GT Banyumanik, pemanfaatan 121 unit mobile reader, 56 titik lokasi top up tunai, 25 titik layanan gerak di rest area yang bekerja sama dengan perbankan. 

“Dari sisi pelayanan lalu lintas, di antaranya adalah dengan melakukan optimalisasi kapasitas lajur dengan rekayasa contraflow di Ruas Jakarta-Cikampek, distribusi beban lalu lintas melalui pengalihan arus lalu lintas situasional atas diskresi pihak Kepolisian,” lanjut Heru. 

Adapun peningkatan pelayanan bagi para pengguna jalan tol dari sisi distribusi informasi, Jasa Marga telah menyiapkan 770 unit CCTV, 120 unit Variable Message Sign (VMS) di jalur serta akses masuk jalan tol, 11 VMS dilengkapi CCTV untuk monitoring dan pengendalian parkir di rest area, 23 unit Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS), dan 2 unit Videotrone Rest Area.

“Jasa Marga memberikan insentif kepada para pemudik diskon tarif tol sebesar 10% pada periode arus mudik tanggal 13 Juni - 14 Juni 2018 (H-2 dan H-1) dan arus balik tanggal 18 - 19 Juni 2018 (H+2 dan H+3),” imbuhnya. 

Untuk diketahui, Jasa Marga memprediksi peningkatan volume lalu lintas sebesar 3 persen pada saat mudik (H-8 sampai dengan H-1) Lebaran 2018 dibandingkan Lebaran Tahun 2017, yaitu sekitar 1,4 juta kendaraan akan meninggalkan Jakarta. 

 

    -->