Kamis, 11 Oktober 2018 17:34:00
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih
 Becak Muncul Lagi di Ibu Kota, Itu Sama Saja Kemunduran
Ilustrasi becak
Foto : Adi Wijaya
 

JAKARTA - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi menolak tegas rencana legalisasi becak  yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Ibu Kota.

“Becak? Enggak akan saya kasih (pembahasannya),” tegas pria yang akrab disapa Pras itu di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (10/10/2018). 

Pemerintah saat ini terus menggencarkan pengembangan layanan moda transportasi dengan Mass Rappid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT). Bila becak kembali muncul, kata Pras, itu sama saja langkah mundur dari pengembangan yang sudah ada

“Bajaj yang tadinya ada asapnya, sekarang sudah pakai gas, enggak ada asapnya. Kalau bajaj markir bareng becak kebayang kekumuhannya kayak apa? Ini kemunduran," sahut Pras. 

Bila gubernur tetap memaksa, Pras yakin hasilnya tidak akan sesuai harapan. “Bisa memastikan enggak, kalau diatur wilayahnya itu bakal tertib? Contoh soal di Bunderan HI saja, sampai hari ini coba lihat jam 10 malam tukang kopi keliling mutar-mutar di situ, itu kan Ibu Kota. Begini saja enggak bisa diberesin. Apalagi yang begitu (becak),” tanda Pras. 

Sebelumnya, Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana akan merevisi Peraturan Daerah 8/2007 tentang Ketertiban Umum. Salah satu poin revisi adalah terkait melegalkan kembali becak di Jakarta.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda