Jakarta > Pemerintahan

Atasi Sampah di Kolong Tol Pelabuhan, Pemprov DKI Siapkan Lahan TPS

Sabtu, 21 April 2018 15:26 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Yatti Febriningsih

Tumpukan sampah di kolong Tol Wiyoto Wiyono, Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Tumpukan sampah di kolong Tol Wiyoto Wiyono, Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Foto : Adi Wijaya

Share this








Untuk mencegah warga membuang sampah di kolong Tol Pelabuhan di Warakas, Jakarta Utara, Pemprov DKI Jakarta akan siapkan lahan untuk TPS.

JAKARTA - Warga di sekitar kolong Tol Pelabuhan di kawasan Warakas, Jakarta Utara mengeluhkan tidak adanya lahan tempat pembuangan sampah (TPS). Ini berdampak dengan banyaknya warga yang membuang sampah ke kolong tersebut selama bertahun-tahun. 

Menanggapi ini. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana akan mencarikan lahan supaya warga tidak lagi membuang sampah di tempat itu. Salah satu solusi yang diberikan Pemprov DKI adalah membuatkan Tempat Pembutan Sampah (TPS) di sana. 

“Ya nanti dicarikan. Itu tugas kami di Pemprov DKI untuk mengarahkan mereka, mencari lahan sementara mereka untuk bisa melakukan tempat pembuangan sampah sementara," ujar Sandiaga Uno di Balaikota, Jakarta, Jumat (20/4/2018) kemarin.

Untuk pembersihannya, Pemprov DKI Jakarta sudah mengerahkan jajaran dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta supaya mengeruk sampah secara manual karena alat berat tidak bisa digunakan. Melihat kondisi sampah yang berada persis di bawah kolong jembatan tol.

Pemprov DKI juga berencana akan mengkoordinasikan masalah pada Dinas Bina Marga supaya lahan tersebut setelah dibersihkan dilakukan pemagaran yang fungsinya nanti menghindari warga kembali buang sampah. 

"Jadi saya bilang kalau ada tempat terbuka seperti itu, yang punya lahannya itu tidak memagari, tidak menjaga, ya pasti akan dipakai oleh warga untuk membuang sampah," pungkasnya.