Jakarta > Pemerintahan

Asian Games 2018, Jalanan Sekitar GBK Ditutup

Senin, 13 November 2017 09:55 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi Jalanan sekitar  Gelora Bung Karno
Ilustrasi Jalanan sekitar Gelora Bung Karno
Foto : istimewa

Share this








Pada perhelatan Asian Games 2018 mendatang, Pemprov DKI Jakarta berencana jalanan sekitar GBK akan ditutup.

JAKARTA – Rencananya pada perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang akan ada penutupan sejumlah jalan di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Tujuannya, agar traffic management atau kepadatan volume kendaraan di sekitar lokasi selama event berlangsung.

"Kurang dari setahun kita akan menyelenggarakan event yang akan mempertaruhkan muka Indonesia, di depan dunia. Jadi salah satu yang harus di fikirkan adalah masalah traffic management. Ada sejumlah jalan di dekat venue GBK yang akan ditutup," ujar Wakil Gubenur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota, Jakarta, Senin (13/11/2017).

Selain itu, Sandi juga berharap adanya perubahan culture transportasi dari masyarakat khususnya di Jakarta nantinya. Ini disebutkan Sandi sebugai salah satu upaya untuk menyukseskan perhelatan Asian Games yang rencananya akan dilakukan di dua kota yakni, Jakarta - Palembang.

"Ini diperlukan oleh masyarakat. Bagaimana bisa melintasi daerah GBK selama Asian Games, masyarakat mulai menggunakan kendaraan umum, caranya masyarakat bisa lebih bersabar dalam menghadapi rekayasa lalu lintas. Salah satunya adalah motor yang kajiannya masih dilakukan sekarang," jelasnya.

Selain menyiapkan traffic management yang bagus, Sandi juga akan menyiapkan trotoar yang nyaman untuk pejalan kaki kedepannya. Terkait hal ini, Sandi akan segera memulai pengerjaan trotoar di kawasan Sudirman - Thamrin pada akhir tahun ini.

"Untuk Thamrin, kita menunggu kajian dari MRT. Kemarin kita menengok pedestriannya. Yang akan disiapkan walkway, trotoarnya akan disiapkan. Kita harap desainnya kelar segera dan bisa dipresentasikan ke kami. Desember harus udah mulai konstruksi," jelasnya.