Jakarta > Pemerintahan

Anies Sebut Ketimpangan Semakin Melebar

Minggu, 16 Juli 2017 17:08 WIB
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS

Anies Baswedan
Anies Baswedan
Foto : istimewa

Share this








Ketimpangan antar masyarakat merupakan masalah serius yang harus segera dicari solusinya.

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan mengatakan, ketimpangan di Indonesa khususnya di Jakarta kian melebar. Penyebabnya tak lain karena kebijakan yang salah diambil oleh pemerintah.

“Ketimpangan semakin melebar, ini hampir terjadi di seluruh negara di dunia. Ketimpangan antar negara menipis, namun ketimpangan dalam negeri melebar,” katanya saat menghadiri halalbihalal di DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jakarta Selatan, Minggu (16/7/2017).

Anies melanjutkan, ketimpangan di ini merupakan masalah serius yang harus segera dicari solusinya. Menurut dia salah satu penyebab ketimpangan terjadi karena para pengambil kebijakan gagal membebaskan diri karena kepentingan jangka pendek dan kecil untuk sebuah keputusan jangka panjang.

Kemudian Anies menganalogikan ketimpangan yang terjadi seperti halnya seorang pengemudi kendaraan yang mementingkan diri sendiri di perempatan jalan dengan lampu lalu lintas yang tidak berfungsi. Namun, karena semua mementingkan diri sendiri, akhirnya yang terjadi adalah kemacetan.

Oleh sebab itu, dia meminta pemangku kepentingan pembuat kebijakan harus membuat keputusan yang dapat mengakomodir kepentingan masyarakat. "Ketika kita bisa melihat sesuatu dari kepentingan semuanya, termasuk kepentingan diri sendiri dan orang lain, maka disebut rasionalitas makro," ujarnya.