Jakarta > Pemerintahan

Pilkada DKI 2017

Ada Apa Demokrat Dukung Ahok-Djarot dan Anies-Sandi?

Senin, 13 Maret 2017 20:01 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : DBS

Ilustrasi Ahok-Djarot vs Anies-Sandi
Ilustrasi Ahok-Djarot vs Anies-Sandi
Foto : istimewa

Share this








Pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017, dua pasangan yang akan bersaing meraih tahta kepemimpinan Ibu Kota jadi rebutan pendukung AHY.

JAKARTA – Pendukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pecah suara pada putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta. Sebab, dalam sehari ini ada dua sekumpulan relawan yang mendukung dua Calon Gubernur-Wakil Gubenur yang bertarung di putaran kedua, Basuki Tjahaja Puranama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat (Djarot) dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Menurut Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat Ajeng Ratna Suminar, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai berlambang mercy tersebut membebaskan kadernya memberikan dukungan kepada paslon yang bertanding di putaran kedua.

"Kita sudah dibebaskan memilih," ucap Ajeng Ratna Suminar usai mendeklarasikan dukungan Gerakan Relawan Agus-Sylvi (Gerasi) kepada pasangan calon (paslon) Ahok-Djarot di Jalan Talang, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/3/2017).

Beberapa elit Demokrat juga terlibat dalam deklarasi tersebut. Seperti, Sekretaris Dewan Pembina Demokrat Ajeng Ratna Suminar, Sekretaris DPP Demokrat Bidang Departemen Pemberantasan Korupsi dan Mafia Hukum Carel Ticualu, Surya Kusumanegara, dan beberapa kader lainnya.

Alasan Gerasi mendukung calon incumbent karena kedua pasangan tersebut  memiliki sikap tegas, professional, transparan, bersih, terbukti kerja nyata dan mampu membangun Jakarta serta menciptakan kesejahteraan bagi warga.

"Kami segenap relawan yang tergabung di dalam GERASI dengan ini mendeklarasikan diri untuk bergabung dan berperan aktif dalam memenangkan pasangan Basuki-Djarot pada Pilkada DKI Jakartaputaran kedua," kata Ketua Gerasi, Hendra Surachmat.

Sementara itu, di tempat terpisah, Gerakan Relawan Muda Agus Harimurti Yudhoyono (Garda AHY) bersama Lembaga Macan Kemayoran mendeklarasikan diri mendukung Anies-Sandi. Deklarasi yang dihadiri Sandi ini dilakukan di Jalan Kebon Kosong Raya RT 01/01 Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Senin (13/3/2017). 

"Lewat deklarasi ini kita lupakan yang dulu-dulu, kita rajut lagi masa depan, kita satukan suara untuk Jakarta yang lebih baik, lebih sejahtera bagi semua warganya," ungkap Sandi disambut teriakan tanda dukungan warga.

Usai menyampaikan sambutan, dirinya pun menyampaikan sejumlah program kerja unggulan Anies-Sandi, antara lain Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, Kartu Jakarta Sehat (KJS) Plus, peningkatan kesejahteraan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau pasukan orange, seperti pemberian beasiswa hingga perguruan tinggi, penempatan kerja di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ataupun disertakan dalam program OK OCE.