Jakarta > Pemerintahan

2030, Anies Target Ibu Kota Bebas Tuberkolosis

Senin, 14 Mei 2018 20:16 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : Beritajakarta.id

Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Pada 2017, penyakit tuberkolosis menjangkiti sebanyak 37 ribu penderita di Ibu Kota.

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menargetkan Ibukota bisa menjadi provinsi pertama yang terbebas dari penyakit Tuberkolosis (TB).

Hal tersebut disampaikan Anies saat acara Komitmen Bersama melalui Rencana Aksi Daerah Menuju Jakarta Bebas TB di Balai Agung, Balai Kota, hari ini.

"Insya Allah DKI bisa yang pertama bebas tuberkolosis. Karena kita yang menandatangani kesepakatan pertama dibandingkan yang lain," ujar Anies di lokasi, Senin (14/5).

Ia menyampaikan, pada 2017, di Ibukota tercatat ada sebanyak 37 ribu kasus pendertita TB. Melalui acara penandatangan komitmen bersama sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada hari ini, Ibukota ditargetkan akan terbebas dari TB secara total pada 2030.

"Kita berharap di tahun 2030 program ini selesai. Pergubnya sudah kami keluarkan. SKPD terkait harus melaksanakan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Koesmedi menambahkan, untuk mencapai target yang ditetapkan, pihaknya akan mengintensifkan program gerebek TB di tiap RT. 

"Tapi kami juga mengimbau agar warga rutin mengecek kesehatan di puskesmas terdekat. Jadi jangan menunggu sampai sakit parah," tandasnya.