-->
Jakarta > Kuliner

Tanda Ikan Sudah Matang Setelah Dimasak

Rabu, 16 November 2016 18:04 WIB
Editor : | Sumber : kompas.com

kuliner
Ilustrasi - Ikan gurame bakar
Foto : istimewa

Share this








Ikan memang menjadi salah satu menu utama pada berbagai sajian di Indonesia. Namun, bagaimana cara mengetahui ikan yang sudah matang saat dimasak?

JAKARTASebagai negara maritim, Indonesia kaya akan kuliner, khususnya hidangan ikan. Ikan merupakan salah satu hidangan favorit bangsa Indonesia. Bahkan, ikan kerap dijadikan sajian saat acara resmi seperti gathering, rapat, hingga syukuran sebuah peristiwa.

Seperti halnya daging sapi, ikan juga dapat diolah dengan berbagai cara seperti sup, steak, dibakar, digoreng, dan masih banyak lagi. Nah, saat ikan tersebut dibuat menjadi sup, mungkin Anda seringkali kesulitan mengetahui apakah ikan tersebut sudah matang atau belum.

Menurut laman kompas.com, Rabu (16/11/2016), Chef Stefu memberikan jawabannya terkait hal tersebut. “Kalau Anda pegang tulangnya dan bisa dicabut keluar, itu berarti ikannya matang,” ungkapnya

Dia melanjutkan, jika Anda ingin mencabut tulang ikan namun tidak bisa keluar, itu tandanya ikan tersebut belum matang. Hal ini disebabkan karena daging ikan masih menempel pada tulangnya.

Chef Stefu juga menyebutkan, rasa masakan akan terasa lebih gurih ketika ikan dimasak dengan tulang. Sebab, tulang mengandung sumsum yang membuat masakan menjadi lebih gurih.

Dia mencontohkan, seperti halnya di Papua, masyarakat di sana cenderung lebih menyukai makan ikan yang utuh karena mereka menyukai rasa ikan yang lebih alami.

 

Berita Terkait

 
    -->