Jumat, 01 September 2017 10:15:00
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS
Bagian Kambing
Bagian Kambing
Foto : istimewa
 

JAKARTA – Hari ini umat Muslim di seluruh penjuru dunia merayakan Hari Raya Idul Adha. Pastinya di hari raya ini umat muslim pesta daging hewan kurban. Olahan daging kambing menjadi menu utama di hari raya kurban ini.

Namun, kebanyakan orang enggan mengonsumsi daging kambing karena akan berakibat buruk bagi kesehatan. Eits nanti dulu nyatanya daging kambing justru rendah lemak dan kolesterol. Anda hanya perlu lebih teliti saat memilih bagian daging kambing agar terhindar dari lemak jahatnya.

Berdasarkan sumber Daftar Komposisi Makanan terbutan Kementerian Kesehatan, bagian-bagian berikut dinilai mengandung lemak jauh lebih sedikit sekitar 154 kalori, 9,2 mg lemak dan 3,6 mg lemak jenuh dibandingkan dengan daging sapi 207 kalori, 14 mg lemak dan 51 mg lemak jenuh.

Perbandingan dengan daging lainnya, ayam 302 kalori, 25 mg lemak dan 0,9 mg lemak jenuh. Sementara daging babi mengandung 376 kalori, 35 mg lemak dan 11,3 mg lemak jenuh.

1. Bagian Bahu - Punuk (Chateaubriand)

Bagian daging kambing ini terletak pada punuk bagian atas. Salah satu bagian daging kambing yang empuk dengan harga lebih mahal dibandingkan bagian manapun. Biasanya bagian daging ini cocok dijadikan steak dan sate.

2. Has Dalam - Bagian Perut (Tenderloin) 

Bagian daging ini empuk luar biasa. Hampir sama dengan has dalam sapi, has dalam kambing merupakan salah satu bagian daging kambing terbaik. Hanya saja bagian ini justru kurang sempurna dibandingkan dengan daging di bagian chateaubriand jika dimasak menjadi steak. Bagian ini cocok dijadikan tongseng dengan campuran sayur-sayuran agar lebih segar.  

3.  Has Luar - Bagian Perut (Sirloin)

Bagian sirloin kambing juga memiliki tekstur yang cukup empuk dengan lapisan lemak yang sedikit dan jaringan otot yang tidak terlalu tebal. Masaklah bagian ini menjadi rendang atau gulai atau semur.

4. Panggul (Lamb Leg)

Bagian ini memang kurang empuk, sebab bagian panggul banyak digunakan untuk bergerak sehingga jaringan otot cukup tebal. Daging pada bagian ini cocok untuk dimasak menjadi sate,  gulai, tongseng dan sup.

5. Iga (Rib)

Bagian ini, daging menempel pada tulang sehingga dimasak bersama tulang-tulangnya. Bagian iga yang berkualitas umumnya bertekstur empuk sehingga proses pemasakan tidak memakan waktu lama.

Biasanya dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang, namun ada baiknya agar keempukannya benar-benar sempurna, rebuslah dulu menggunakan panci  tekan dengan dan menambahkan daun salam, sereh, dan sedikit irisan kunyit untuk menghilangkan bau pada iga. 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda