Jakarta > Kuliner

Ini Cara Minum Kopi yang Benar

Kamis, 17 November 2016 10:00 WIB
Editor : | Sumber : Okezone.com

Ide Kopi
Ide Kopi
Foto :

Share this








Meminum kopi kini sudah menjadi salh stau bagian dari gaya hidup kaum urban. Namun, ternyata ada penjelasan mengenai cara meminum kopi yang benar.

JAKARTA – Menenggak kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup kaum urban, khususnya di kota besar seperti Jakarta. Bahkan, sebagian masyarakat mengonsumsi kopi di pagi hari, sesaat sebelum beraktifitas.

Yang harus diketahui, kandungan kafein dari kopi dapat memicu gangguan kesehatan. Menurut okezone.com seperti lansirannya dari  Timesofindia Rabu (16/11/2016), ada tata cara minum kopi yang aman di pagi hari, terutama untuk mencegah masalah pencernaan. Berikut penjelasannya:

Jangan minum kopi sebelum pukul 10.00
Penelitian menunjukkan, seseorang yang baru bangun tidur di pagi hari mengalami peningkatan produksi hormon kortison. Hormon tersebut dalam memicu stres berlebihan yang tentunya bakal mengganggu aktivitas Anda. Selain itu, minum kopi sebelum pukul 10.00 juga bisa mengganggu pencernaan Anda, apalagi dalam kondisi perut kosong.

Minum kopi dengan cangkir kecil
Para peneliti telah membuktikan, jika seseorang yang menyeruput secangkir kopi dengan ukuran kecil setelah pukul 10.00 dapat membangkitkan mood baik. Maka, Anda akan merasa lebih semangat untuk memulai aktivitas hari itu.

Setelah ngopi, minumlah air putih
Usahakan setelah menyeruput secangkir kopi, minumlah juga air putih. Manfaatnya dapat menjaga ginjal tetap sehat dan terhindar dari ancaman diuretik yang ada dalam kafein.

Jangan minum kopi dengan tambahan susu dan pemanis
Di pagi hari, Anda dapat menyeruput kopi hitam saja. Sebaiknya, jangan minum kopi berbasis latte karena menyulitkan pencernaan Anda, sehingga rentan menimbulkan sembelit.